Deretan Desa Wisata di Sumatera Barat beserta Keunggulan yang Dimilikinya

15. Desa Madobak Mentawai

Desa Madobak Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai terpilih sebagai desa terbaik didalam kategori Desa Adat Terbaik se Indonesia.

Bacaan Lainnya

Penilaian sebagai desa terbaik kategori desa tradisi itu diberikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan juga Kementerian Pariwisata melalui program pengembangan desa wisata.

Dari banyaknya kebiasaan yang dimiliki, kebiasaan tato tradisi menjadi kebiasaan tertuanya. Hampir semua masyarakat lokalnya bertato.

Tato yang terbuat berasal dari pewarna arang tebu dan kelapa ini dibuat pakai paku atau pin, dan dua potong kayu digunakan sebagai landasan dan palu.

Tak heran masyarakat mengutarakan bahwa proses pembuatan tato ini sangatlah menyakitkan. Upacara ini umumnya ditunaikan sepanjang pernikahan, pekerjaan dari rumah baru membuat sembuh penyakit, maupun mengusir roh jahat.

Upacara ini masih dilaksankan karena terdapatnya kepercayaan arat sabulungan yang hidup di tengah masyarakat.

Kepercayaan ini dilandasi oleh kepercayaan yang terdapat dewa-dewa, kapabilitas gaib, dan juga roh-roh leluhur.

Secara terminologi, arat sabulungan bermakna agama daun-daunan, sehingga daun-daunan dijadikan alat utama didalam setiap upacara.

Untuk datang ke Muara Siberut ini dari gerbang kedatangan bandara internasional Minangkabau di Padang, pengunjung pergi ke pelabuhan Muara Padang dengan bus.

Dari sana, pengunjung dengan mengambil perahu motor di Samudera Hindia untuk Pulau Siberut.

Namun tak hanya kaya akan tradisi-tradisinya, Desa Madobak terhitung tenar dengan destinasi wisatanya, salah satu yang paling tenar adalah air terjun Kubuk Kulu.

Terletak di tengah hutan, air terjun Kubuk Kulu mempunyai ketinggian sampai 70 meter, cocok untuk dijadikan sebagai area pemandian alam.

Suasananya yang sejuk dan hawanya yang dingin menyebabkan wisatawan betah hanya dengan menikmati keindahan air yang meluncur ke perairan yang dangkal.

Airnya pun bersih dan jernih, ditambah batu-batu yang memadai besar di pinggiran.

Itulah deretan desa wisata di Sumatera Barat  beserta keunggulannya yang mampu kamu kunjungi pada saat libur yang membuat liburan kamu sangat berkesan.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri cukup di Sumatera Barat saja kamu telah mampu menemukan daerah yang begitu indah apalagi tidak kalah dengan yang berada di luar negeri. Semoga bermanfaat. (AA)

Pos terkait