Wow ! 5 Desa Wisata Sumatera Barat Ini Bikin Heboh Adui 2023! Dimana Saja?

Wow! 5 Desa Wisata Sumatera Barat Ini Bikin Heboh Adui 2023! Dimana Saja?
Wow! 5 Desa Wisata Sumatera Barat Ini Bikin Heboh Adui 2023! Dimana Saja? (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang tak terhitung jumlahnya, termasuk di dalamnya adalah desa-desa wisata yang menakjubkan.

Pada malam penganugerahan Dewi 2023 di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, terungkap bahwa dari 4.573 desa wisata yang mendaftar,

Sebanyak 327 desa wisata asal Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan di Adui 2023.

Bacaan Lainnya

Salah satu yang mencuri perhatian adalah lima desa wisata di Sumatera Barat yang berhasil masuk dalam 75 desa terbaik Adui 2023 dan meraih juara di berbagai kategori.

Tanpa perlu menonton videonya, mari kita bahas satu per satu kelima desa tersebut.

1. Puncak Lawang: Keindahan Alam di Nagari Lawang

Puncak Lawang, sebuah unit penggerak pariwisata di Nagari Lawang, terletak di kecamatan Matur kabupaten Agam provinsi Sumatera Barat.

Desa ini terkenal dengan bentang alam yang sangat indah dan beragam. Dengan ketinggian 1.250 mdpl, Lawang juga menjadi desa yang bersuhu dingin dengan curah hujan yang tinggi.

Desa ini dikenal dengan perkebunan tebu, sawah, kebun bawang, dan produksi berbagai produk UMKM seperti gula Saka, gula Sumut, kacang goreng, randang, kerupuk ubi, air tebu,

nasi tangguli, kapelubawo, dan tumbang.

Lawang bukan hanya memiliki kekayaan alam, tapi juga atraksi wisata kilang tebu tradisional dan atraksi seni budaya paralayang.

Setiap Rabu dan Kamis, masyarakat Lawang membuat gula Saka menggunakan alat tradisional dan modern. Desa ini berhasil meraih juara 1 kategori homestay dan toilet di Adui 2023.

Pos terkait