Deretan Desa Wisata di Sumatera Barat beserta Keunggulan yang Dimilikinya

12. Nagari Pandai Sikek

Pandai singkek merupakan nagari/desa dikaki gunung singgalang yang terletak tidak jauh dari kota padang pajang.

Bacaan Lainnya

Nagari ini terkenal dengan pandai singkek kondang atau tenunan songket buatan tangan yang sangat indah dengan banyak variasi motif warna.

Desa yang terletak di selatan lembah Agam, di Gunung Singgalang dan Gunung Merapi ini punya masyarakat yang pakar didalam bertenun.

Selain bertenun masyarakat Desa Pandai Sikek termasuk pakar didalam kerajinan ukiran kayu dan kerajinan tembaga.

Kerajinan dari ukiran kayu bermacam-macam motif dan pola ini kebanyakan digunakan sebagai hiasan terhadap dinding-dinding tempat tinggal.

Selain itu, termasuk juga yang tersedia produk lain layaknya mimbar masjid, kotak perhiasan hingga souvenir yang memadukan kayu ukiran dengan hiasan kain songket.

13. Nagari Kubu Gadang

Desa Wisata Kubu Gadang merupakan salah satu spot yang sangat bagus untuk menyaksikan arah Gunung Marapi.

Desa ini terhitung jadi asri karena areal persawahan dan ladang produktif yang masih mewarnai 70 persen areal desa.

Berwisata ke desa wisata yang baru dicanangkan pada tahun 2014 silam ini, kamu bisa nikmati beraneka aktivitas budaya lokal.

Berwisata ke Kubu Gadang, kamu bisa nikmati beraneka atraksi kesenian tari, sandiwara, atraksi budaya dan aktivitas masyarakat, seperti Baronde.

Baronde merupakan aktivitas panen padi secara masal di mana pada aktivitas tersebut dimeriahkan bersama makan bersama ditengah sawah serta sebagian atraksi seni seperti tari piring, tari pasambahan, dan silat.

Kemudian ada wisata edukasi untuk anak-anak berwujud pengenalan dari menanam padi sampai padi diproses di Heller, dan tidak lupa juga ada permainan anak nagari.

14. Desa Kampung Buih

Desa Kampung Buih berada di Kecamatan Bunguih Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat.

Desa ini tidak cuma udaranya yang masih sejuk, namun wisata pantai yang tawarkan sunset termasuk juga salah satu keindahan yang tersedia tempat ini.

Di Sumatera Barat sendiri, desa ini dikenal dengan desa wisata yang menawarkan keindahan pantai.

Jadi, untuk kamu yang bahagia bersama pantai sekaligus segala aktivitasnya maka dapat mengunjugi tempat tersebut.

Keindahan desanya dapat kamu temui pas memandang keindahan terumbu karang yang berdiri kokoh, ikan-ikan hias yang siap menemani kamuberenang, dan dapat mengfungsikan perahu atau banana boat untuk menikmati keindahan pantai yang masih asri, jernih, dan termasuk bersih.

Karena air laut yang masih jernih jangan lupa untuk mengfungsikan sarana snorkling yang akan membuat kamu kagum bersama kehidupan di bawah laut.

Selain kesibukan di pantai, kamu pun dapat memandang tempat-tempat indah yang berbatasan bersama desa tersebut, diantaranya adalah Sikuai, Sirandah, Pasumpahan, Pulau Pagang, dan juga pulau-pulau lainnya yang pastinya akan memanjakan kamu sepanjang berada di sana.

Pos terkait