Kece! Nagari Tuo Pariangan, Desa Paling Hits di Sumatera Barat yang Vibesnya Adem Banget!

Kece! Nagari Tuo Pariangan, Desa Paling Hits di Sumatera Barat yang Vibesnya Adem Banget! (Foto : Dok. Istimewa)
Kece! Nagari Tuo Pariangan, Desa Paling Hits di Sumatera Barat yang Vibesnya Adem Banget! (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang memikat, dan salah satu yang mendapat sorotan internasional adalah Nagari Tuo Pariangan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dengan pesona alamnya yang memukau dan keunikan budayanya, Dilansir dari berbagai sumber Nagari Tuo Pariangan telah menjadi primadona dunia, diakui oleh Travel Budget pada tahun 2012 sebagai desa terindah bersama destinasi lainnya di berbagai penjuru dunia.

Nagari Tuo Pariangan, yang terletak di wilayah perbukitan dengan udara sejuk, menawarkan pesona alam yang tak terlupakan.

Bacaan Lainnya

Dari lereng Gunung Marapi hingga Danau Singkarak, pemandangan sawah berjenjang memanjakan mata para pengunjung.

Keelokan alam ini membuat Nagari Tuo Pariangan diakui sebagai salah satu desa terindah di dunia.

Selain keindahan alamnya, desa ini juga menyimpan potensi wisata budaya, seni, dan kuliner yang kaya.

Tari Piriang, musik Talempok Pacik, Saluang, kuliner Dakak-dakak, dan kopi Kawa Daun menjadi bagian dari kekayaan budaya yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Keunikan Budaya dan Sejarah

Desa Pariangan memiliki keunikan tersendiri dalam sejarah Minangkabau.

Sebagai Tampuk Tangkai Alam Minangkabau, desa ini diyakini sebagai tempat lahirnya kehidupan di Alam Minangkabau berabad-abad yang lalu.

Peninggalan sejarah seperti Batu Lantak Tigo, Kuburan Panjang Datuak Tantejo Gurhano, Sawah Satampang Baniah, dan Lurah Indak Barayia menjadi saksi bisu perkembangan desa ini.

Arsitektur rumah tradisional Minangkabau dengan atap berbentuk tanduk kerbau atau “gonjong” serta ukiran-ukiran cantik di dinding rumah menjadi daya tarik sendiri.

Semua keunikan ini menjadikan Nagari Tuo Pariangan sebagai destinasi yang menarik bagi wisatawan yang ingin menjelajahi sejarah dan kebudayaan suku Minangkabau.

Pos terkait