Deretan Desa Wisata di Sumatera Barat beserta Keunggulan yang Dimilikinya

TOPSUMBAR – Sumatera Barat miliki keindahan yang sangat luar biasa. Terbukti dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang begitu sangat menarik. Bahkan tersedia lebih dari satu tempat yang menjadi favorit baik lokal maupun mancanegara.

Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke tempat yang sangat bagus ini hingga tidak kalah indah dari luar negeri.

Tentu saja, desa wisata paling baik di Sumatera Barat yang dulu dinobatkan sebagai desa paling indah di dunia ini menawarkan pemandangan indah luar biasa.

Bacaan Lainnya

Pesona keindahan alam Sumatera Barat sebenarnya tak diragukan lagi. Daerah perbukitan hingga pantai, lengkap tersedia di Sumatera Barat.

Daya tarik wisata di Sumatera Barat semakin ada karena terjaganya budaya dan tradisi melalui desa wisata.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, di dalam kunjungan kerjanya terpesona dengan keindahan dan budaya berasal dari desa wisata di Sumatera Barat.

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi dua desa wisata di Sumatera Barat yang masuk 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, yakni Desa Wisata Ngarai dan Desa Wisata Kubu.

Bagi yang belum tahu, ADWI 2023 adalah ajang pertolongan penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi syarat-syarat penilaian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

ADWI 2023 diharapkan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Sehingga, mengangkat desa-desa di Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia, serta berdaya saing global dan berkelanjutan.

Nah, kali ini Topsumbar dapat berikan tambahan kepada kamu tempat atau desa-desa terindah yang tersedia di Sumatera Barat yang menarik untuk di kunjungi, yuk disimak!

1. Nagari Alahan Panjang

Sumbar merupakan satu berasal dari banyak provinsi di indonesia yang di anugerahi danau-danau yang indah yaitu Danau Singkarak dan Danau Talang yang sangat terkenal.

Sumbar sebenarnya punya satu danau lain yang tidak kalah bagus. Meski belum setenar Singkarak dan Talang, yakni danau kembar yang tersedia di Kabupaten Solok Alahan Panjang.

Danau Kembar merupakan julukan yang di berikan kepada Danau di Ateh dan Danau di Bawah, ke dua danau ini luasnya hampir sama dan sangat berdekatan sehingga di sebut Danau Kembar.

Letaknya yang sangat stratergis yakni berada di ketinggian sehingga udara di sini sangatlah dingin. Danau Kembar menyajikan panorama yang sangat indah berlatar pegunungan yang di baluti kabut.

Aktifitas para petani sayuran jadi pemandangan yang mengasyikan. Wisatawan yang berkunjung belum sebanyak Danau Singkarak padahal banyak yang sangat menarik hingga mampu di eksplorasi berasal dari kawasan ini.

2. Nagari Tuo Pariangan

Desa wisata Nagari Tuo Pariangan adalah sebuah desa indah yang ada di lereng Gunung Marapi, sebuah gunung api aktif yang berada di dataran tinggi Provinsi Sumatera Barat.

Lokasinya lebih kurang 95 kilometer (km) berasal berasal dari utara Kota Padang, dan 35 kilometer berasal berasal dari Kota Bukittinggi.

Posisi geografis ini terhitung memberikan anugerah alam yang bagus dan subur bagi desa wisata Pariangan di mana sawah berjenjang memanjakan mata berasal dari lereng Gunung Marapi sampai lembah-lembah yang tersedia dibawahnya apalagi sampai ke Danau Singkarak.

Rumah-rumah Gadang khas Sumatera Barat yang berada di wilayah ini lumayan padat. Meski demikian, tempat tinggal penduduk yang dibangun bertingkat-tingkat tetap ikuti kontur atau pola berasal dari lereng gunung, agar muncul rapi dan bagus dipandang mata.

Pos terkait