Harapan Gubernur saat Buka Acara Cerdas Qur’an untuk Generasi Muda Islam: Punya Kepribadian yang Qur’ani

Harapan Gubernur saat Buka Acara Cerdas Qur'an untuk Generasi Muda Islam: Punya Kepribadian yang Qur’ani
Harapan Gubernur saat Buka Acara Cerdas Qur'an untuk Generasi Muda Islam: Punya Kepribadian yang Qur’ani

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, berharap agar generasi muda Islam Sumatera Barat dapat menjadi pribadi berindentitas Qur’ani. Itu artinya, pribadi yang tidak hanya mampu membaca Al-Qur’an saja tetapi juga senantiasa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka acara Cerdas Qur’an tingkat SD/MI dan SMP/MTSn se-Kabupaten Lima Puluh Kota, di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Jum’at, 18 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur juga menyakini, bahwa dengan kemampuan ilmu Qur’an yang baik, maka generasi muda akan menjadi pribadi unggul dan menghadirkan kemaslahatan di tengah-tengah masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Terlebih, kita di tanah Minangkabau ini memegang falsafah hidup Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), Syarak Mangato-Adat Mamakai (SM-AM). Sehingga, Al-Qur’an bukan hanya sekadar bacaan dalam amalan beragama, tetapi mesti jadi tuntunan dalam setiap tindak tanduk perbuatan,” ucap Mahyeldi.

Gubernur menginginkan, ciri khas SDM unggul di Sumbar salah satunya ditandainya dengan penguasan yang baik terhadap keilmuan Al-Qur’an, serta cakap dalam penerapan nilai-nilai kebaikan yang terkandung di dalamnya. Termasuk, sebagai pedoman dalam penerapan nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan.

“Generasi muda Islam di Sumbar harus menjadi Generasi Qur’ani yang mampun memberikan solusi atas berbagai persoalan aktual umat dan bangsa ini. Selain itu, identitas Qur’ani juga akan membentengi mereka dari potensi perbuatan amoral seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan lain sebagainya,” ucapnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Padang TV yang menjadi inisiator dalam pelaksana acara Cerdas Qur’an di kalangan pelajar tersebut. “Semoga Padang TV semakin maju dan penuh berkah karena upaya-upaya kebaikannya dalam mensyiarkan Al-Quran,” ujar Gubernur.

Di sisi lain, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, dalam kesempatan yang sama juga mengapresiasi upaya kerja sama yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab. Lima Puluh Kota dengan Padang TV, sehingga program Cerdas Qur’an tersebut dapat digelar.

“Sebab, program ini sangat selaras dengan visi daerah, dan menjadi bagian dari upaya kita mewujudkan Kabupaten Lima Puluh Kota yang madani, beradab, dan berbudaya,” ucap Safaruddin.

Dalam kesempatan itu, Safaruddin juga berharap agar para pendidik di sekolah dan orang tua siswa di rumah, terus mendampingi anak didik dalam memperdalam keilmuan Al-Qur’an, serta mengamalkan nilai-nilai kebaikan yang terkandung di dalamnya. (adpsb)

Pos terkait