Deretan Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati dan Jurusan Paling Banyak Peluang Kerja

Deretan Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati dan Jurusan Paling Banyak Peluang Kerja. (Foto: Topsumbar.co.id)
Deretan Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati dan Jurusan Paling Banyak Peluang Kerja. (Foto: Topsumbar.co.id)

Jurusan paling banyak peluang kerja

1. Sistem Informasi

Jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan pertama adalah jurusan sistem informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang keahlian dalam bidang teknologi informasi yang semakin berguna di masa mendatang karena teknologi semakin hari semakin maju.

2. Jurusan Teknik Mesin

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang ingin masuk jurusan ini, harus mau belajar tentang sains yakni, fisika, matematika, hingga kimia karena ilmu inilah yang bisa dijadikan kunci dalam merawat hingga memperbarui mesin.

Lulusan jurusan teknik mesin dapat bekerja pada banyak perusahaan. Seperti perusahaan pertambangan, konstruksi, komunikasi, pertanian sampai perusahaan pengembangan transportasi.

3. Jurusan Farmasi

Jurusan yang memiliki banyak peluang kerja selanjutnya adalah jurusan farmasi sehingga sekarang tetap banyak peminatnya, karena memang prospek kerja dalam dunia kesehatan juga semakin besar.

Jurusan farmasi akan membekali mahasiswa kemampuan untuk meracik obat-obatan, termasuk kosmetik. Kalian juga diajarkan cara menganalisis obat-obatan sesuai standar kelayakan kesehatan.

Peluang kerja juga sangat banyak, Anda bisa bekerja di rumah sakit, di klinik, membuka bisnis kosmetik, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Matematika

Bicara tentang matematik, jelas seperti di SD, SMP maupun SMA harus menyelesaikan perhitungan dengan rumus yang tersedia. Namun sebenarnya matematika itu mudah bagi yang tahu triknya.

Oleh karena itu, mahasiswa jurusan ini akan belajar trik matematika supaya lebih mudah dalam memecahkan masalah. Prospek kerjanya bisa menjadi tenaga pendidik, sebagai analisis di korporat, menjadi ahli statistika, ahli bidang keuangan, sampai bisa menjadi astronom juga aktuaris.

5. Jurusan Akuntansi

Jurusan ini mengajarkan mahasiswa untuk teliti dan terampil menghitung dan mengatur keuangan. Mahasiswa diajarkan tentang pencatatan serta pelaporan keuangan yang penting pada perusahaan.

Prospek kerja jurusan ini bisa bekerja di perusahaan negeri atau swasta, pemerintahan, konsultan bisnis, perencana keuangan, wirausaha, konsultan pajak, financial analyst, credit analyst, dan lain sebagainya.

6. Bahasa Inggris

Sekarang ini kemampuan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Setidaknya jika tidak bisa Bahasa Inggris secara aktif, secara pasif juga tidak masalah.

Alasannya, orang yang terampil dalam bahasa asing mempunyai peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan.

Prospek kerja lulusan Bahasa Inggris juga sangat luas, mulai bekerja sebagai penerjemah, guru, dosen, wirausaha dengan membuka les privat, bahkan bisa bekerja di perusahaan multinasional.

Bahkan, orang yang mampu berbahasa Inggris bisa mendapatkan relasi lebih luas, utamanya dengan orang di seluruh dunia. Sehingga, Anda dengan mudah bisa menjalin komunikasi sampai kerjasama bisnis dengan mereka.

7. Jurusan Ilmu Komunikasi

Karena jurusan ini mempunyai prospek kerja yang banyak di masa depan, untuk peluang kerja jurusan ini sangat luas, mulai editor, wartawan, broadcasting, periklanan, public relations, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, manajemen media, dan lain sebagainya.

8. Jurusan Manajemen

Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang ilmu pengantar teknologi informasi untuk tujuan mengikuti perkembangan dunia masa depan.
Prospek jurusan manajemen, bisa menjadi staf keuangan, akuntan, marketer, staf HRD, banker, staff operasional, konsultan bisnis, Recruiter, wirausaha dan lain sebagainya.

9. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ini juga mempunyai prospek kerja yang luas. Utamanya bagi kalian yang peduli dengan hukum di Indonesia dan ingin berpartisipasi dalam dunia hukum sehingga jurusan ini sangat recomended.

Nah itulah beberapa deretan jurusan yang paling banyak diminati dan yang paling banyak peluang kerja. Kira-kira mana jurusan impian Toppers?

(MHF)

Pos terkait