Deretan Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati dan Jurusan Paling Banyak Peluang Kerja

Deretan Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati dan Jurusan Paling Banyak Peluang Kerja. (Foto: Topsumbar.co.id)
Deretan Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati dan Jurusan Paling Banyak Peluang Kerja. (Foto: Topsumbar.co.id)

2. Hukum

Jurusan ini memiliki jumlah peminat yang tak kalah dari kedokteran dan kesehatan. Banyak perusahaan-perusahaan yang ingin merekrut. Prospek kerja jurusan ini tidak hanya jadi pengacara, hakim, jaksa, maupun notaris.

Namun lulusan jurusan ini juga bisa menjadi HRD maupun profesi lainya. Diantaranya dari Fakultas Hukum : Hukum Publik, Hukum Tata Negara, Hukum Perdata, Hukum Internasioanal, Ilmu Hukum, Hukum Pidana, dan Hukum Keluarga.

Bacaan Lainnya

3. Komputer atau Informatika

Bagi yang tertarik dengan komputer bisa memasukkan jurusan ini ke dalam list jurusan dan kampus impian Toppers juga lho.

Dalam jurusan informatika ini hal yang biasa di pelajari biasanya seputar dengan pembuatan aplikasi, pengembangan aplikasi, jaringan komputer, database, penerapan sistem komputer, dan lain-lainnya.

Berikut nama-nama jurusan komputer yang telah di adaptasi oleh negara Indonesia: Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Sistem Informasi, dan Manajemen Informasi.

4. Teknik

Jurusan yang populer di kalangan pria ini sangat banyak diminati, bukan hanya dari kalangan laki-laki saja, sekarang banyak juga perempuan yang berminat masuk jurusan yang terkenal sulit ini.

Beberapa jenis jurusannya ada teknik mesin, teknik elektro, teknik industri, teknik sipil, teknik kelautan, teknik alat berat, teknik penerbangan dan pertambangan.

5. Soshum/IPS Sosial humaniora

Jurusan ini merupakan jurusan yang cukup banyak peminatnya. Banyak juga anak-anak yang mengambil jurusan IPA/MIPA saat di SMA kemudian beralih kejurusan Kuliah IPS.

Berikut merupakan beberapa jurusan Soshum yang menjanjikan masa depan : Sastra Inggris, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Politik.

6. Jurusan Ilmu Pendidikan

Jurusan Ilmu pendidikan dan pelatihan tentunya cocok banget buat kamu yang mempunyai cita-cita untuk mengajar atau mendidik generasi penerus bangsa.

Kamu bisa memilih bidang tertentu untuk didalami di antaranya:

  • MIPA : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi.
  • Bahasa : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti bahasa indonesai, bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa arab, bahasa mandarin.
  • Sosial : Pada jurusan ini fokus bidangnya pada ilmu pengetahuan sosial seperti, Akuntansi, Ekonomi, Sosiologi, Geografi.
  • Teknik : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Teknik otomotif, Teknik industri, Teknik sipil, Teknik listrik, Teknik komputer.
  • Kecantikan : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Tata Busana, Tata Boga, Tata Rias.

Pada jurusan pendidikan juga terdapat beberapa cabang jurusan yang lebih fokus yakni:

  • PGPAUD : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan diri menjadi guru PAUD
  • PGSD : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan menjadi guru SD
  • Pendidikan Luar Biasa : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan menajdi pendidikan atau pendamping bagi anak-anak berkebutuhan khusus

Pos terkait