Mengenal Sejarah Universitas PGRI Sumatera Barat, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sumbar

Mengenal Sejarah Universitas PGRI Sumatera Barat, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sumbar
Mengenal Sejarah Universitas PGRI Sumatera Barat, Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sumbar

TOPSUMBAR –¬†Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA) yang dulunya sering dikenal sebagai STKIP PGRI Sumatera Barat adalah perguruan tinggi swasta di kota Padang, Sumatera Barat yang sebagian besar lulusannya adalah menjadi guru.

Universitas ini dibuka pada tanggal 22 Mei 1984 berdasarkan surat izin Koordinator Perguruan Tinggi Swasta. Berdasarkan surat izin Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I tanggal 22 Mei 1984 No. 115/SK/KOP/I/1984 Awal mulanya STKIP PGRI yang sekarang sudah berganti nama menjadi UPGRISBA.

Sebelumnya, UPGRISBA hanya memiliki empat program studi yaitu Bimbingan Konseling, Pendidikan Biologi, Pendidkan Sejarah dan Pendidikan Geografi. Pada surat keputusan Kopertis wilayah 1 Medan Nomor 033/SK/ Kop.I/85, STKIP PGRI Sumatera Barat diizinkan menambah dua Program Studi baru untuk program S1 yaitu: Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian untuk tahun akademik 1985/1986 STKIP PGRI telah memiliki enam program studi. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Barat ditingkatkan statusnya dari izin operasi menjadi terdaftar.

Sebelum terjadinya perubahan bentuk STKIP PGRI memiliki program Studi yang fokus pada pendidikan.

Program Studi

1.Pendidikan Biologi
2.Pendidikan Sejarah
3.Pendidikan Geografi
4.Pendidikan Bahasa Inggris
5.Pendidikan Matematika
6.Bimbingan Konseling
7.Pendidikan Sosiologi
8.Pendidkan Bahasa Indonesia
9.Pendidikan Ekonomi
10.Pendidikan Informatika
11.Pendidikan Fisika

Pada tahun 2016 STKIP PGRI Sumatera Barat membuka tiga program studi baru yaitu:

1. Program Studi Pendidikan IPS
2.Program Studi PPKn
3.Program Studi Pendidikan Akuntansi

Kemudian pada tanggal 3 November 2021 Universitas PGRI mendapat izin lima program studi baru yaitu:

1.Studi Humanitas
2.Biologi Terapan
3.Sains Data
4.Kewirausahaan
5.Teknologi Informasi

Semua Program Studi yang terdapat di Universitas PGRI Sumatera Barat dikelompokkan menjadi empat Fakultas diantaranya yaitu Fakultas Sosial dan Humaniora, Fakultas Sains Teknologi, Fakultas Ekonom dan Bisnis, dan Fakultas Pasca Sarjana.

Universitas PGRI Sumatera Barat ini menempati Rangking 23 Nasional di bidang kemahasiswaan dan rangking 9 Nasional dari seluruh perguruan tinggi se Indonesia.

Sekarang ini lulusannya tidak hanya di fokuskan untuk menjadi guru saja, sudah hampir di setiap program studi menghadirkan konsentrasi berbasis Non Kependidikan.

Seperti Konsentrasi pada pendidikan bahasa inggris ada:

  • Edupreneur Konsentrasi ini bisa kalian pakai untuk bekerja di instansi pemerintahan dan menjadi enterpreneur.
  • Jurnalistik Konsentrasi ini juga bisa dipakai untuk bekerja di Media Massa menjadi Jurnalis, Presenter dan bahkan Wartawan, tidak hanya itu jurusan jurnalistik bisa bekerja di Radio, TV, Koran, dan Media Online.

Nah, itulah sejarah dan sedikit gambaran tentang UPGRISBA sebagai kampus PGRI Swasta terbaik di Sumatera Barat. Tunggu apalagi ayo daftarkan dirimu ke UPGRISBA sekarang dan jadilah bagian dari keluarga PGRI.

UPGRSBA Mencerahkan dan Menginspirasi anak Bangsa.
(MHF)

Pos terkait