Bupati Dharmasraya Sutan Riska Pimpin Upacara HUT RI ke-78 Pakai Baju Adat Kerajaan Koto Besar

TOPSUMBAR – Memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Kantor Bupati setempat,  Kamis 17 Agustus 2023.

Upacara pengibaran bendera merah putih berlangsung tertib dari awal sampai pemasangan lambang negara yang dilaksanakan oleh 72 anggota Paskibraka Dharmasraya yang sebelumnya sudah dikukuhkan oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Ada yang manarik dalam pergelaran upacara tersebut, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan nampak mengenakan baju kebanggaannya sebagai Rajo Kerajaan Koto Besar di atas podium secara seksama menghayati proses upacara pengibaran bendera tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat sidang tahunan MPR RI dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-78 menyampaikan pidato kenegaraan yang disaksikan melalui siaran langsung saat rapat paripurna istimewa di DPRD Kabupaten Dharmasraya, terlihat presiden RI juga mengenakan pakaian adat khas suku Tanimbar dari Maluku. Dimana tradisi mengenakan pakaian adat ini dimulai Jokowi sejak tahun 2017 lalu.

Dalam siaran langsung tersebut Presiden Jokowi menyampaikan, mengajak seluruh elemen bangsa untuk menyongsong momentum kemerdekaan Indonesia dengan semangat kemajuan, kata Jokowi Indonesia memiliki potensi besar untuk meraih Indonesia emas 2045 dan menjadi kekuatan lima besar ekonomi dunia.

“Peluang dan strategi untuk meraih nya sudah ada. Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau tidak,” kata Jokowi.

(Yan)

Pos terkait