Tanggapi Isu-isu Stategis Nasional, Pengurus LPM Payakumbuh Lakukan Studi Komparatif Ke Pekanbaru

Topsumbar –┬áPengurus LPM Payakumbuh di dampingi Pj. Walikota Payakumbuh, Rida Ananda berkunjung ke Kota Pekanbaru melaksanakan studi komparatif guna berbagi ilmu serta nambah referensi dalam hal melaksankan pemberdayaan masyarakat terutama dalam menghadapi isu strategis Nasional seperti stunting, kemiskinan ektrem dan pengendalian inflasi.

Pj. Wali Kota Payakumbuh mengatakan, kegiatan studi tiru ini merupakan bukti nyata dari semangat kerja sama antar lembaga dan keseriusan dalam meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat di Kota Payakumbuh.

“Kami sangat berterima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu untuk menerima kunjungan kami dan para delegasi dari Kelurahan kami ke DPD LPM Kota Pekanbaru dan Dinas P3APMKota Pekanbaru,” kata Pj. Wako Rida Ananda saat studi tiru ke Pekanbaru, Senin (24/07/2023).

Bacaan Lainnya

Rida menyebut, melalui pertukaran pengalaman dan informasi dengan pihak-pihak yang memiliki pengalaman lebih, LPM dapat memperoleh wawasan baru dan berharga dalam upaya menghadirkan pembangunan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi seluruh warga Payakumbuh.

Pada kesempatan itu, Pj. Wako menekankan beberapa hal penting yang diharapkan dari kunjungan dan studi tiru ini:

Pertama, studi tiru ini adalah bukti nyata bahwa kerjasama antarlembaga sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kualitas pemberdayaan kepada masyarakat.
Kemudian, melalui kunjungan dan studi tiru ini, ia berharap dapat memperoleh wawasan tentang inovasi dan terobosan dalam penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya, dalam upaya mencapai pembangunan yang berkelanjutan, partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci utama.

“Mari terus menjalin sinergi dan kolaborasi yang erat antara pemerintah, lembaga masyarakat, dan seluruh komponen masyarakat dalam memajukan Kota Payakumbuh dan Kota Pekanbaru,” ucapnya.

“Mari terus berinovasi dan mengembangkan kapasitas diri serta lembaga untuk menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat. Dan mari kita tingkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program untuk menciptakan kebijakan yang lebih berpihak kepada kepentingan rakyat,” tukuknya.

Rida juga mengingatkan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan langkah penting dalam membangun lembaga yang profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Mari tingkatkan kompetensi dan keterampilan para anggota LPM di kelurahan untuk memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat kita,” ucapnya.

“Kami berharap kunjungan dan studi tiru ini dapat memberikan manfaat nyata bagi perkembangan Kota Payakumbuh. Semoga kerjasama dan silaturahmi antara Kota Payakumbuh dan Kota Pekanbaru semakin erat, sehingga kita dapat bersama-sama menciptakan kota yang maju, harmonis, sejahtera, dan berprestasi,” pungkasnya. (Ton)

Pos terkait