LPM Tiaka Tunjukkan Dedikasi dan Kontribusi Dalam Pembangunan Daerah

 Topsumbar –  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan keterlibatan aktif masyarakat dalam pembangunan daerah, dan salah satu LPM di Kota Payakumbuh yang konsisten menunjukkan dedikasi dan kontribusi yang luar biasa dalam memacu gerak pembangunan adalah LPM Kelurahan Tiaka.

Sehingga pada Rabu, (26/7) LPM Tiaka di sambangi oleh Tim penilai lapangan LPM berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat untuk dinilai di tingkat Provinsi.

Mewakili Pj. Wali Kota Payakumbuh, Plt. Asisten I Hidayatul Rusda mengatakan, dengan kebersamaan dan semangat juang yang tinggi, LPM Tiaka berhasil mencapai banyak prestasi yang luar biasa, sehingga menjadi contoh yang menginspirasi bagi lembaga sejenis di kelurahan lain.

Bacaan Lainnya

“Kami menyadari LPM Tiaka telah menjadi garda terdepan dalam menghadapi berbagai tantangan, polemic, dan konflik yang ada di masyarakat, serta menjadi pelopor dalam mencari solusi-solusi inovatif untuk permasalahan yang dihadapi,” kata Plt. Asisten I Hidayatul Rusda.

“Kami yakin, LPM Tiaka memiliki potensi besar untuk menjadi LPM terbaik di Sumatera Barat. Semangat dan dedikasi ketua beserta seluruh anggota dalam memberdayakan masyarakat harus terus dijaga dan ditingkatkan. Harap kita LPM Tiaka dapat terus berinovasi, berkolaborasi, dan menjalin sinergi yang kuat dengan semua pihak terkait. Dengan bekerja sama dan saling mendukung, kita dapat meraih banyak prestasi yang lebih gemilang di masa yang akan datang,” tambahnya.

Asisten I menyebut, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, keberadaan LPM sebagai mitra pemerintah kelurahan sangat memiliki peranan penting untuk mengatasi isu strategis nasional.

“Khususnya LPM kelurahan Tiaka, sangat aktif dalam upaya penanganan isu strategis nasional tersebut, seperti dengan adanya, Tiaka Peduli Stunting, Kampung Tangguh Inflasi, Tiaka Bina UMKM, Tiakar Peduli, dan berbagai kegiatan lainnya. Tercatat ada 17 inovasi yang ada di LPM Tiakar ini,” ucapnya.

“Semoga kerja keras dan dedikasi LPM Tiaka memberikan hasil yang memuaskan dan memberikan inspirasi bagi kelurahan lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,” tutupnya.

Di kesempatan itu juga, ketua DPD LPM Kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam menyebut, sebelumnya DPD LPM Kota Payakumbuh bersama pemko telah melaksankan tahapan penilaian LPM mulai dari tingkat kecamatan dan selanjutnya penilaian tingkat kota.”Dari rangkaian penilaian itu, LPM Tiakar inilah yang menjadi LPM terbaik di Payakumbuh,” ucapnya.

“Selain itu, kami selalu mendorong setiap LPM selaku wadah yang strategis untuk memberikan pemberdayaan untuk masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, ketua tim penilai Quartita Evari Hamdiana yang merupakan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Sumbar mengatakan, sebenarnya penilaian ini merupakan ajang evaluasi dan pembinaan.

“Kita berharap, nanti apa yang di dapat dari penilaian ini, akan ditularkan kepada LPM lain di Kota Payakumbuh, sehingga masyarakat akan benar-benar merasyarakat pemberdayaan itu sendiri,” katanya.

Ia menyebut, dasar penilaian ini ada tiga kategori dalam bentuk pembinaan, yang pertama, aspek legalitas kelembagaan, kedua aspek ketertiban dalam program dan kegiatan kelurahan dan ketiga aspek keterlibatan dalam program nagari serta kolaborasi dengan lembaga lainnya.

“Sampaikanlah apa yang menjadi potensi disini kepada tim penilai dan berikan semua informasi yang di butuhkan, mudah-mudahan LPM tiakar akan menjadi yang terbaik di Sumbar,” pungkasnya. (Ton)

Pos terkait