Gubernur Nilai Wakaf Bisa Menjadi Solusi Permasalahan Kemiskinan

 Topsumbar –  Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menilai wakaf bisa menjadi solusi penanganan masalah kemiskinan di Sumbar. Hal itu di yakininya, karena mayoritas masyarakat Sumbar beragama islam.

Hal itu  di sampaikan Gubernur Mahyeldi saat menghadiri kegiatan sosialisasi dan launching Wakaf Tunai Catin (WTC) yang di gagas oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) bersama Kemenag Sumbar di Asrama Haji Tabing, Padang. Selasa (25/7/2023).

“Potensi wakaf di Sumbar itu besar, jika di maksimalkan itu bisa menjadi solusi permasalahan kemiskinan,” ungkap Gubernur.

Bacaan Lainnya

Di katakannya, saat ini Sumbar berada pada peringkat 5 dalam indek wakaf nasional. Menurutnya, itu masih bisa di maksimalkan karena belum tergarap secara optimal.

Ia mengungkapkan, sejumlah persoalan terkait wakaf di Sumbar, salah satunya adalah pemahaman. Selama ini masyarakat memahami wakaf hanya untuk masjid dan pesantren padahal itu tidak demikian.

Sementara itu, Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Sumatera Barat, Dr. H. Jaferi Jarab mengatakan Sumbar memiliki potensi zakat dari catin sebesar Rp2,1 Milyar setahun.

Nilai sebesar itu di hitung berdasarkan data dari Kemenag Sumbar, dari 174 KUA yang ada, rata-rata jumlah pasangan yang menikah setiap bulannya ada sekitar 3.500 pasangan. Jika seandainya setiap pasangan tersebut berwakaf minimal Rp50.000 maka dalam sebulan akan terkumpul dana wakaf sebanyak Rp175 juta.

Sehingga peluang terkumpulnya dana wakaf sebesar Rp 2,1 miliar setahun sangat mungkin tercapai. Nantinya untuk pengelolaan WTC tersebut, BWI akan bekerjasama dengan Kemenag.

“Untuk mendukung itu, sejak bulan juni lalu, kita telah berikan pelatihan terkait WTC kepada para petugas KUA dan Kemenag seluruh Kabupaten dan Kota di Sumbar,” jelasnya.

Guna mensukseskan Program WTC ini, kita mengajak seluruh catin yang akan melaksanakan pernikahan untuk ber wakaf uang melalui Kantor KUA setempat sebelum nantinya di teruskan kepada BWI.

Ia menjelaskan, secara operasional WTC ini, wakifnya adalah calon pengantin. Sedangkan, nazirnya adalah BWI perwakilan Prov. Sumbar.

Jenis wakafnya adalah wakaf tunai, waktunya adalah selamanya. Sementara Ikrar wakaf di KUA Kecamatan, nominal besaran itu tidak di tentukan.

Hadir pada kesempatan itu Direktur Jenderal Bimas Islam di wakili Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Tarmizi Tohor. Ketua Badan Wakaf Indonesia pusat. (adpsb)

Pos terkait