Wako Bukittinggi Lepas Calon Jama’ah Haji Kloter 15 Ada Jama’ah Termuda Berusia 20 Tahun

Topsumbar – Ratusan masyarakat Kota Bukittinggi yang berasal dari berbagai kecamatan padati Rumah Dinas Walikota Bukittinggi.

Sebanyak 295 calon Jamaah Haji kota Bukittinggi siap untuk di berangkatkan ke Mekkah, hari ini Pelepasan calon jamaah haji kloter 15 tersebut dilepas secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi , Erman Safar. Selasa (13/06/2023).

Kakan Kemenag Bukittinggi H. Eri Iswandi mengatakan,jumlah jamaah kota Bukittinggi tahun ini adalah 295 orang, insya Allah akan berangkat dalam kloter 15 pada tanggal 19 Juni 2023 masuk asrama adalah pukul 08.00 dan nanti akan berangkat paling lambat dari sini jam 06.00.

Bacaan Lainnya

Setelah masuk asrama kloter 15 ini nanti berangkat take off-nya malamnya yaitu jam 01.45 dini hari di hari Selasa jadi itu melepas keberangkatan di asrama haji yaitu jam 08.00 malam nanti marathon sampai nanti take off-nya jam 01.45.

Eri menambahkan, untuk persiapan pemberangkatan calon jamaah haji kita sudah melakukan bimbingan manasik yang berulang kali karena ada 150 jamaah tunda tahun 2020 yang 2020 sudah mengikuti bimbingan manasik 2021 bimbingan manasik lagi kemudian 2022 melanjutkan bimbingan manasik dan yang terakhir itu adalah di 2023 ini.

Kemudian ditambah jamaah nomor urut berikutnya yang masuk porsi 2023 ini juga sudah kita lakukan bimbingan manasik udan insya Allah dari ilmu yang sudah diberikan oleh guru-guru kita insya Allah siap untuk melaksanakan haji mempraktekkan ilmu bimbingan manasik itu di tanah suci nantinya,”ujar Eri

Berikutnya dijelaskan, dari segi administrasi Paspor serta Visa Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada masalah dan semuanya sudah kelar nanti paspor itu akan diserahkan kepada jamaah ketika berada di asrama haji semuanya sudah di kirim ke panitia embarkasih dan semuanya Alhamdulillah tidak ada kendala.

Meski ada calon Jamaah kita satu orang yang tidak bisa terekam wajah dari aplikasi karena ada pengaruh pigmen yang wajah tidak bisa terekam di bio visa karena kulit putih dan tidak masuk dalam aplikasi tapi ini sudah diselesaikan dengan mengeluarkan surat keterangan bahwa yang bersangkutan benar jamaah haji dan berangkat tahun ini.

Diketahui dari 295 calon Jamaah Haji ini ada satu calon jamaah haji termuda yang baru berusia 20 tahun dan yang tertua berusia 85 tahun.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, dalam sambutanya mengatakan, Alhamdulillah untuk semua calon Jamaah Haji yang bisa berangkat tahun ini.
Tidak semua orang bisa dapat kesempatan melaksanakan rukun Islam ke 5 yaitu melaksanakan ibadah Haji.

Wako berpesan, jangan lupa untuk menyimpan nomor kontak petugas kesehatan jika ada yang sakit segera hubungi petugas medis yang sudah ada untuk melayani jama’ah perempuan dan laki-laki.

Dan yang terpenting ketika berada di tanah suci sebaiknya perbanyak saja istighfar apapun yang dirasakan jika ingat dunia ingat manusia lebih baik tidak berkata-kata tp beristighfar.

“Kami akan terus memantau perkembangan jama’ah ketika di tanah suci”
Semoga Jama’ah haji yang berangkat tahun ini semuanya menjadi haji yang mabrur.

(Ja)

Pos terkait