Pemko Bersama Dinas Kesehatan Bukittinggi Peringati HLUN ke 27 Tahun 2023

Topsumbar — Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan peringati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balairung Rumah Dinas Walikota Kamis (22/06/2023).

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, mengapresiasi semangat para lansia Bukittinggi, Momentum peringatan Hari Lanjut Usia Nasional hendaknya menjadi pendorong bagi seluruh pihak untuk lebih memperhatikan keberadaan para Lansia.

Pemko sendiri telah melaksanakan program kesehatan, yang ditujukan untuk meningkatkan status kesehatan lansia.

Bacaan Lainnya

Ada 63 Posyandu Lansia yang tersebar di 24 kelurahan yang ada. Tujuh Puskesmas yang bisa dikatakan Puskesmas yang santun pada lansia dan sembilan kelompok pemberdayaan,

yang menjadi ajang pentingnya keberadaan lansia dalam mengayomi anggota keluarga dan kelompok masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Dalam kesempatan HLUN ke 27 ini, dilaksanakan kegiatan senam sehat dan juga fashion show oleh para lansia Kota Bukittinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, menjelaskan, Kota Bukittinggi merupakan Kota dengan Usia Harapan Hidup Tertinggi di Provinsi Sumatera Barat yaitu 74,4.

Artinya, komposisi penduduk usia lansia semakin besar, saat ini jumlah Lansia di Kota Bukittinggi sekitar 11.636 orang (hampir 9% dari total penduduk) dan pada tahun 2025 diproyeksikan meningkat menjadi 136.716 jiwa (10%).

(Ja)

Pos terkait