Puncak Hari Lansia Nasional ke-27, Kemensos Bantu 600 Lansia di Kecamatan Sembilan Koto Dharmasraya

Topsumbar – Pada acara puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ke-27 dan HUT Tagana ke-19 Kemensos RI menyerahkan bantuan bagi kurang lebih 600 lanjut usia (lansia) di Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Senin (29/05/2023).

Nur Alam S. Sos MM Kepala Sentra Pangurangi Takalar Selawesi Selatan Kemensos RI, saat diwawancarai wartawan media ini mengatakan sekitar kurang lebih 600 penerima manfaat atau lansia mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial.

“Pada acara puncak hari lanjut usia nasional yang ke-27 ini, bertempat di Kecamatan Sembilan Koto, ada sekitar kurang lebih 600 penerima manfaat atau lansia mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial,” katanya.

Bacaan Lainnya

Bantuan dari Kemensos berupa sembako, kebutuhan dasar, alat bantu pendengaran, bedah rumah dan bantuan usaha. Semua diwakili oleh beberapa satker atau sentra-sentra seperti Dit. Pemberdayaan Kelompok Rentan, Sentra Efata Kupang, Sentra Pangurangi Takalar, BBPPKS Yogyakarta, Pusdatin Kesos. Dimana semua sentra tersebut ditugaskan di kecamatan Sembilan Koto.

Nur Alam berharap para lansia Sembilan Koto bisa produktif dan mandiri sesuai tema HLUN tahun 2023 lansia terawat Indonesia bermartabat. Dengan modal usaha yang diberikan Kemensos lansia bisa memberdayakan bantuan tersebut sehingga tercipta lansia mandiri.

Masih di lokasi yang sama, Camat Sembilan Koto Desmil S. Sos MM kepada media ini juga menjelaskan, dalam rangka HLUN 2023 semua perangkat pemerintahan Kecamatan Sembilan Koto memberikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin. Mulai dari pelayanan kesehatan gratis, kegiatan germas dengan menggelar senam sehat l, makan buah dan sayur.

“Kita juga dibantu dengan lumbung sosial oleh Kemensos yang berada di Nagari Koto Nan Ampek Di Bawuah, dimana lumbung sosial ini adalah persiapan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, kita bisa memakai alat dan persediaan makanan yang ada di lambung sosial untuk didistribusikan bagi masyarakat yang terdampak bencana alam,” tambahnya.

(Yanti)

Pos terkait