Pengurus Soina Limapuluh Kota Dikukuhkan

Pengurus Soina Limapuluh Kota Dikukuhkan

Limapuluh Kota | Topsumbar – Bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Limapuluh Kota, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo hadir dan mengukuhkan secara resmi pengurus cabang Special Olympucs Indonesia (SOlna) Kabupaten Lima Puluh Kota periode 2023-2027 yang bertemakan “memberikan kesempatan kepada anak-anak bertalenta khusus untuk turut mengharumkan nama bangsa melalui olahraga”, Rabu (10/05).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Pengurus Daerah SOIna Sumatera Barat, Ketua TP PKK Kabupaten Lima Puluh Kota Ny. Nevi Safaruddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga.

Membuka secara resmi, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyampaikan bahwa Special Olympics merupakan organisasi internasional yang bertujuan menjadikan para penyandang disabilitas berguna dan produktif serta diakui dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Sebagaimana kita ketahui bahwa di Kabupaten Lima Puluh Kota terdapat 437 siswa berkebutuhan khusus yang tersebar di 14 SLB. Kurikulum pendidikan khusus bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal sesuai kemampuannya, “ungkap beliau menjelaskan.

Seiring dengan misi pemerintah daerah Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan, hal inu berlaku bukan hanya mereka yang memiliki kesempurnaan fisik dan intelektual, tetapi juga bagi mereka yang memiliki keterbatasan.

“Pada saat ini telah hadir organisasi SOIna yang akan menampung para penyandang disabilitas segala umur untuk berpartisipasi aktif, lebih produktif dalam berbagai cabang olahraga. Sebuah organisasi yang sangat mulia dan sangat perlu di apresiasi. Kami sangat berharap program kerja SOIna cabang Lima Puluh Kota nantinya dapat mendukung dan menyelaraskan visi misi ini. ” Beliau menambahkan

Menjabat sebagai Ketua PengDa SOIna Kabupaten Limapuluh Kota, Ny. Nevi Safaruddin berharap organisasi ini bisa berjalan secara idealis tanpa ada kepentingan pribadi di dalamnya. “Melalui organisasi kami berharap dukungan khususnya dari provinsi untuk terus menggali potensi para atlet dari anak-anak luar biasa kita yang berkebutuhan khusus ini”, imbuhnya.

Sejalan dengan Ny. Nevi Safaruddin, Ketua Umum Ketua PengDa Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi juga berharap organisasi SOIna bisa konsisten untuk menjadikan siswa berkebutuhan khusus agar senantiasa produktid dan mampu beekompetisi di berbagai cabang olahraga baik di kontingen Nasional dan Internasional
“Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu kita telah mencetak berbagai prestasi di berbagai bidang olahraga. Besarnya potensi anak kita ini adalah tugas kita untu membuat mereka tumbuh secara percaya diri untuk berkompetisi. Sesuai dengan visi SOIna Sumatera Barat yaitu mendorong berdirinya Pencab di seluruh daerah yang ada di Sumatera Barata sehingga kita bisa mengukir prestasi anak-anak spesial ini secara merata baik itu di provinsi maupun kota,”Harneli menjelaskan.

Pada kesempatan ini turut diserahkan piagam Bupati Limapuluh Kota kepada Atlet atas beberapa prestasi nasional, diantaranya Rafael Andre medali emas Pesonas di Semarang, Imel Ramadani medali emas nomor tolak peluru Pesonas Semarang, Abdi Agus medali perak nomor tolak peluru, dan Dava Kurnia medali emas nomor 800 meter Peparpelnas di Sumatera Barat. (Ton)

Pos terkait