Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kota Pariaman 2023, Ini Pesan Genius Umar

Topsumbar – Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Kota Pariaman Tahun 2023, Wali Kota Pariaman, Genius Umar berpesan kepada para Finalis Duta GenRe, untuk dapat mengajak rekan sebaya, lingkungan dan masyarakat tentang pentingnya menjadi Generasi yang Berencana.

“Kegiatan Duta GenRe yang kita laksanakan ini, dalam rangka menciptakan tenaga motivator atau remaja yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berprilaku sebagai remaja, namun penuh dengan perencanaan yang matang dalam menapaki masa depannya,” ujar Genius Umar ketika memberikan sambutan pada malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kota Pariaman Tahun 2023 di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu malam (6/5/2023).

Genius mengatakan bahwa dengan menjadi Finalis Duta GenRe, kiranya mereka mampu nantinya melangsungkan jenjang pendidikannya secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan, ucapnya.

Bacaan Lainnya

“Adapun focus kegiatan Program Generasi Berencana ini ada 3 fungsi, yaitu yang pertama adalah sebagai Promosi penundaan usia kawin, dan mengutamakan sekolah dan berkarya di usia muda (produktif), sehingga mereka menjadi matang dalam memutuskan sesuatu,” ungkapnya

Untuk fungsi Kedua sebagai Penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya, sehingga tidak terjebak dengan Narkoba, HIV/AIDS dan kehamilan yang tidak diinginkan. Dan yang Ketiga adalah sebagai Promosi merencanakan kehidupan berkeluarga dengan sebaik-baiknya, kapan menikah, kapan punya anak dan berapa jumlah anak, terang Ayah GenRe Kota Pariaman ini.

Lebih lanjut Genius mengapresiasi kegiatan ini dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mensukseskan Pemilihan Duta GenRe Kota Pariaman untuk Tahun 2023 ini, mulai dari panitia ataupun pihak yang telah mensponsori kegiatan ini.

“Pemko Pariaman juga telah banyak berbuat agar para siswa dan siswi mempunyai masa depan yang gemilang, dengan pendidikan gratis dari jenjang SD sampai SMA/SMK, sampai program unggulan Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGASAJA), mengkuliahkan generasi muda kita ke jenjang Perguruan Tinggi Vokasi terbaik yang ada di indonesia,” tukasnya

“Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yaitu jumlah penduduk Indonesia 70 persenya dalam usia produktif, atau yang berusia 15-64 tahun, sedangkan sisanya 30 persen merupakan penduduk yang tidak produktif, yang berusia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun, pada periode tahun 2020 sampai 2045,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit pada sambutan pembukaan Malam Grand Final Duta GenRe Kota Pariaman Tahun 2023 mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan produksi dan gizi remaja, memperluas keterpaparan program GenRe dilingkungan masyarakat, meningkatkan kapasitas dan kreatifitas remaja untuk menghadapi bonus demografi dan Indonesia emas dan menjadi delivery agent terhadap upaya percepatan dan penganggulangan stunting.

“Kegiatan pemilihan Duta GenRe ini sangat panjang, mulai dari roadshow dan sosialisasi kesekolah  dan kampus yang ada di Kota Pariaman, yang dimulai dari Januari 2023 sampai hari ini, malam puncak Grand Final, dimana dari 72 peserta yang lolos, telah terpilih 16 terbaik yang terdiri dari 10 perempuan dan 6 laki-laki yang masuk pada malam Grand Final ini,” tuturnya. (Zaituni).

Pos terkait