Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Masih Terkendali di Sawahlunto

Sawahlunto | Topsumbar – Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama Forkopimda dan segenap perangkat daerah terkait melakukan pemantauan ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pangan di Pasar Sawahlunto, Sabtu 25 Maret 2023. Dari pemantauan itu, Deri Asta menyebut kondisi ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pangan di Pasar Sawahlunto pada situasi tersedia dan harga terkendali.

Bahan-bahan pangan masih tersedia dengan baik, meski pun untuk sejumlah bahan memang disuplai dari luar Sawahlunto. Keterangan dari pedagang bahwa stok yang ada dan penyalurannya masih lancar.

Sementara untuk kenaikan harga memang terjadi namun masih dalam taraf wajar dan terjangkau.

Bacaan Lainnya

“Kalau untuk kenaikan harga akan terjadi secara nasional sebagai dampak dari inflasi. Sesuai arahan dari pemerintah pusat, jika nanti terjadi kenaikan harga yang tidak terkendali maka kita sudah siapkan mekanisme operasi pasar,” ujar Wako.

Kepada para pedagang, Walikota Deri mengimbau agar jangan ada yang melakukan penumpukan bahan-bahan pokok tersebut, karena akan mengakibatkan kelangkaan dan mempengaruhi stabilitas harga.

Kemudian untuk memberikan perlindungan kesehatan terhadap makanan dan minuman yang dijual pedagang di pasar pabukoan, Walikota Deri menyampaikan bahwa tim dari Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk KB) mulai turun melaksanakan pemeriksaan standar kesehatan dan kebersihan serta zat-zat yang terkandung dalam makanan pabukoan.

Tim Dinas Kesehatan sudah turun ke pasar-pasar pabukoan untuk melakukan pengecekan dan mengambil sampel makanan untuk diperiksa di laboratorium, juga akan berkoordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sumbar Deri Asta menyampaikan.

Bila ada ditemui makanan pabukoan yang dijual itu mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan, maka pedagang bersangkutan akan dipanggil dan diperingatkan agar tidak mengulangi menggunakan bahan tersebut.

“Jika ada yang bandel dan tetap menggunakan bahan itu maka akan ditindak sesuai regulasi yang berlaku. Intinya ini upaya Pemko Sawahlunto menjamin makanan dan minuman pada pasar pabukoan dalam kondisi aman dan sehat untuk dikonsumsi masyarakat,” kata Wali Kota Deri Asta.

Deri Asta dan rombongan berkeliling dan melakukan tanya jawab kepada pedagang dalam pemantauan di Pasar Sawahlunto tersebut selama hampir dua jam. Walikota Deri Asta didampingi Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, Kodim 0310,SSD, Sekdako Dr.dr. Ambun Kadri, Ketua TP-PKK Kota Ny. Meivyta Deri Asta,
Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (DisKoperindag) Tatang Sumarna,SE, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Heni Purwaningsih, Kepala Dinas Perhubungan Nurwansyah Putra,Sekdis Kesehatan Asrul,MKM,Kepala UPTD Pasar Sawahlunto Donny Ikhsan serta pejabat terkait lainnya.

(ht/Rollys Koto)

Pos terkait