Sertijab Camat Akabiluru, Bupati Himbau Tingkatkan Sinergitas dan Integritas

Sertijab Camat Akabiluru, Bupati Himbau Tingkatkan Sinergitas dan Integritas

Limapuluh Kota | TopSumbar – Sehubungan dengan masuknya masa purna tugas Camat Akabiluru, Ismet. Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan prosesi serah terima jabatan Camat Akabiluru dari camat sebelumnya Ismet kepada Nuzul Firman di halaman kantor camat Akabiluru, Rabu (1/2).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang saat itu diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Herman Azmar, Ketua TP PKK Limapuluh Kota, Nevy Safaruddin, Sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkab Limapuluh Kota, Camat se Kabupaten Limapuluh Kota, Wali Nagari se Kecamatan Akabiluru dan tokoh masyarakat.

Camat Akabiluru sebelumnya, Ismet dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dirinya dalam mengemban tugas sebagai camat di Akabiluru. Ia juga memohon maaf atas kekurangan dan kesalahan selama ia menjalankan tugas.

Bacaan Lainnya

Tak lupa Ia meminta kepada seluruh unsur di Kecamatan Akabiluru untuk mendukung penuh camat yang baru dalam membangun Kecamatan Akabiluru ke arah yang lebih baik lagi.

Sementara itu Camat yang baru, Nuzul Firman berharap akan ada masukan-masukan untuk dirinya untuk kemajuan Kecamatan Akabiluru ke depannya. “Saya selaku pejabat baru memohon kerjasama dari semua pihak dan saya meminta kepada masyarakat, jadikan saya jembatan penghubung untuk menyalurkan aspirasi yang ada di Kecamatan Akabiluru,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Safaruddin dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Herman Azmar menyampaikan bahwa, seorang Camat merupakan representasi Kepala Daerah di wilayah kecamatan yang mendapatkan pelimpahan sebagian kewenangan dari Bupati untuk melaksanakan urusan otonomi daerah.

Untuk itu, Camat harus membantu Bupati untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengawasi, mengevaluasi dan mendukung penuh setiap pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Akabiluru.

“Selain itu, Camat harus segera berkoordinasi dalam membangun sinergitas dan integritas dengan unsur Forkopimca maupun nagari, sehingga mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah, yang merupakan visi daerah dapat didukung juga oleh seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Di kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada camat sebelumnya, Ismet yang telah memasuki masa purna tugas. Ia mendoakan semoga dedikasinya selama setahun sebagai camat Akabiluru dapat menjadi ladang amal untuknya.

Kemudian dilanjutkannya, dalam mensukseskan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kecamatan, maka perangkat kecamatan harus segera mempersiapkan dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan segala unsur terkait, terutama perangkat nagari yang jadi poros dari Musrenbang.

“Tidak hanya itu, dengan target angka stunting 14% pada tahun 2024, Camat juga harus terlibat untuk menurunkan angka tersebut dengan mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan pernikahan dini, memaksimalkan pola asuh, pengoptimalan peran kader bina keluarga balita,” ungkapnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan serah terima jabatan TP PKK Kecamatan Akabiluru dari Yani Idalita Samian kepada Eka Nuzul Firman yang disaksikan oleh Ketua TP PKK Limapuluh Kota Nevy Safaruddin. (ton)

Pos terkait