Peringatan Sumpah Pemuda 2023, Pejabat Sumatera Barat Rayakan Keanekaragaman dengan Pakaian Adat

TOPSUMBAR – Esok, semua pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menghadiri upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023.

Hal menariknya adalah, seluruh peserta upacara diwajibkan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar, Mursalim, menyampaikan, “Kita telah sepakat bahwa setiap peserta upacara besok akan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara, sesuai dengan ketetapan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).”

Bacaan Lainnya

Mursalim menambahkan bahwa tujuan dari mengenakan pakaian adat Nusantara adalah untuk menunjukkan semangat persatuan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan etnis.

Semangat ini akan tercermin dalam upacara Sumpah Pemuda di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Ia juga mengakui bahwa jarang terjadi upacara yang diikuti dengan mengenakan pakaian adat Nusantara. Umumnya, peserta hanya mengenakan pakaian dinas.

“Ini adalah hal yang menarik. Semoga dengan mengenakan pakaian adat ini, kita dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda,” harapnya.

Dalam upacara ini, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah sendiri direncanakan akan mengenakan pakaian Adat Minangkabau.

Sementara itu, para kepala OPD akan mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing.

Misalnya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Sumatera Utara.

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan akan mengenakan pakaian adat Provinsi Riau, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Papua dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Maluku.

Ia menambahka bahwa dari 57 pejabat eselon, semuanya akan mengenakan pakaian adat yang berasal dari berbagai provinsi di Nusantara.

Diketahui, Upacara Sumpah Pemuda 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023. Pelaksanaan upacara ini menjadi kegiatan utama dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 tahun 2023.

Khusus di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, peserta upacara terbatas hanya untuk pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Acara akan dimulai pukul 07.45 WIB di Halaman Kantor Gubernur. (adpsb/busan)

Pos terkait