Bupati Tinjau Pengerjaan Jalan Terban untuk Atasi Permasalahan Infrastruktur di Kapur IX

Bupati Tinjau Pengerjaan Jalan Terban di Kapur IX untuk Atasi Permasalahan Infrastruktur
Bupati Tinjau Pengerjaan Jalan Terban di Kapur IX untuk Atasi Permasalahan Infrastruktur

TOPSUMBAR – Bentuk keseriusan Bupati Safaruddin dt Bandaro Rajo dalam membangun daerah sudah tidak perlu diragukan lagi. Terbukti usai mendengar kabar ada jalan terban di nagari Koto Alam, Kecamatan Kapur IX beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Limapuluh Kota itupun bertolak langsung meninjau lokasi jalan terban tersebut dan melihat langsung proses perbaikan jalan menuju di Nagari Koto Lamo itu.

Hal tersebut dilakukan Bupati Safaruddin saat kunjungannya bersama Kalaksa BPBD Limapuluh Kota, Ramadinol dan sejumlah Kepala OPD lainnya ke Kecamatan Kapur IX, beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi jalan, Bupati Safaruddin menginstruksikan dinas terkait untuk segera menangani dan menyelesaikan persoalan jalan ini.

“Jangan dibiarkan proses penanggulangan jalan ini terlalu lama, karena jalan ini merupakan akses utama masyarakat kita,” ujarnya.

Selain itu, di musim penghujan seperti saat ini, menurut politisi Golkar tersebut jika tidak ditangani segera, maka air akan terus menggerus tanah, dan memperlebar kerusakan jalan.

“Untuk wali nagari dan masyarakat terus pantau dan kawal perbaikan jalan ini. Semoga permasalahan jalan ini segera dapat diselesaikan dan masyarakat bisa menggunakan jalan ini dengan aman dan nyaman,”sambungnya.

Dikesempatan itu tak lupa, Bupati Safaruddin juga menghimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat menggunakan jalan tersebut, mengingat saat ini curah hujan masih tinggi beberapa waktu belakangan di Limapuluh Kota.

Sementara itu, Kalaksa BPBD, Ramadinol melaporkan kejadian jalan terban terjadi pada tanggal 12 Juli 2023 akibat tingginya intensitas hujan di daerah tersebut.

“Jalan ini merupakan satu-satunya akses jalan penghubung antara nagari Lubuak Alai dengan nagari Koto Lamo,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan perbaikan jalan tersebut menggunakan penanganan darurat yang merupakan anggaran dana dari Balai Sungai Limo atas permohonan langsung dari Bupati.

“Ini adalah salah satu bentuk sikap responsif Bupati kita terhadap daerah, yang sesuai dengan visi-misi daerah. Dimana Bupati sangat perhatian terhadap pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Limapuluh Kota. Disini Bupati juga mengajukan permohonan kepada Balai Sungai Limo untuk melakukan perbaikan jalan ini. Sehingga nantinya akses jalan penghubung dua nagari ini dapat normal kembali dan masyarakat juga bisa kembali beraktivitas seperti biasa,” sambungnya.

Ia juga mengungkapkan akan mendukung penuh program penanganan darurat Balai Sungai Limo ini, sembari juga menghimbau masyarakat pengguna jalan untuk berhati-hati saat menggunakan jalan selama proses perbaikan.

“Untuk masyarakat selalu hati-hati dan waspada mengingat akses jalan kita masih rusak dan dalam proses perbaikan,” tutupnya.

Di tempat yang sama Wali Nagari Koto Lamo, Lisman mengaku bersyukur dan berterimakasih atas kesigapan Bupati menanggapi permasalahan akses jalan yang menimpa nagari yang Ia pimpin.

“Kami masyarakat nagari mengucapkan terimakasih atas kesigapan Bupati Safaruddin untuk memperbaiki akses jalan kami ini. Semoga perbaikan jalan kita ini segera selesai dan kami masyarakat bisa beraktivitas dengan normal,” ungkapnya. (Ton)

Pos terkait