PLN UP3 Solok Gelar Simulasi Pencegahan Kebakaran dan Penggunaan Alat Pemadaman

Kota Solok | Topsumbar – Untuk meningkatkan kewaspadaan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok menghadirkan tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi pencegahan kebakaran bagi seluruh karyawan dan karyawati PLN UP3 Solok, Rabu (18/2) pagi.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi ini dipimpin oleh Kepala Bidang Pencegahan Damkar, Mardiwanto, SH, dan didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Dunia Usaha, Ade Candra Yuda, SH, MH, serta Kasi Pelatihan dan Pengembangan Sumber daya Manusia, Jumaris, SE, dan instruktur, Brian Defalma.
Seperti biasa, kegiatan ini terdiri dari dua sesi, sesi pertama diawali dengan kegiatan sosialisasi, setelah itu dilanjutkan dengan demonstrasi pemadaman api dan menggunakan alat pemadam kebakaran di halaman kantor setempat.

Simulasi yang pertama dilakukan menggunakan peralatan tradisional, yaitu menggunakan karung goni yang telah direndam di dalam air. Ini merupakan metode pemadaman yang paling sederhana dan cukup berbahaya karena pemadam harus berada sedekat mungkin dengan titik api (Smothering).
Kain goni yang telah dibasahi ditutupkan pada objek yang terbakar sehingga objek tersebut akan padam karena kehabisan oksigen yang merupakan elemen penting dalam satu reaksi pembakaran. Sedangkan simulasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) relatif lebih mudah dan lebih aman. Dari jarak 2-4 meter, pemadam menyemprotkan APAR ke material yang terbakar. Unsur kimia dari APAR akan menghentikan reaksi pembakaran yang sedang berlangsung pada material tersebut.
Kabid Pencegahan Damkar, Mardiwanto, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala PLN UP3 Solok beserta jajarannya yang telah menyambut baik dan sangat memahami pentingnya kegiatan ini untuk mendapatkan ilmu cara menggunakan berbagai jenis alat-alat pemadam kebakaran dengan baik dan benar.

Bacaan Lainnya

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang teknik pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran bagi karyawan PLN UP3 Solok dan guna mengetahui petunjuk pencegahan bahaya kebakaran maupun pertolongannya sesuai prosedur yang ada,” jelas Mardiwanto.
Dengan adanya edukasi ini, harapnya, seluruh peserta yang mengikuti dapat mengetahui jenis-jenis Alat Pemadam Api Ringan, dapat memilih alat pemadam api yang sesuai dengan benda yang terbakar, serta mampu mengoperasikan dan menggunakan alat pemadam api dengan baik.

Sebelumnya, Kepala PLN UP3 Solok, Sigit Hari Wibowo mengaku sangat antusias dan berharap agar kegiatan ini hendaknya dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta keterampilan bagi semua karyawan-karyawatinya ketika harus menghadapi situasi kebakaran baik di rumah maupun di kantor.
“Saya berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena kegiatan ini merupakan bentuk upaya pencegahan bagi kita semua ketika diharuskan menghadapi situasi kebakaran yang terjadi,” pesannya. (gra)

Pos terkait