Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD Kota Solok Mulai Dikerjakan

Kota Solok | Topsumbar – Pemancangan awal tiang beton (groundbreaking) menandai dimulainya lanjutan pembangunan fasilitas gedung baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Solok dengan nilai anggaran sebesar Rp100 miliar yang bersumber dari dana pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Secara simbolis, groundbreaking dilakukan oleh Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra dari lokasi RSUD di Banda Panduang Kelurahan Tanah Garam, Rabu (22/2). Turut disaksikan oleh Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, Dandim 0309/Solok, Letkol Arm Hendrik Setiawan, Ketua Pengadilan Negeri Solok, Raden Danang Noor Kusumo, Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Andi Mertawijaya, Kapolres Solok Kota diwakili Kasat Binmas AKP Jufrinaldi, perwakilan PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Astri Gautama, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perkim serta undangan lainnya.

Menurut rencana, akan dibangun Gedung D terdiri dari dua lantai yang difungsikan untuk CSSD dan Bedah dan Gedung F untuk Rawat Inap yang dapat menampung sebanyak 96 fasilitas tempat tidur. Fasilitas baru yang akan dibangun tersebut akan melengkapi beberapa bangunan sudah dimiliki RSUD Kota Solok di antaranya UGD dan klinik tumbuh kembang anak.

Bacaan Lainnya

Wakil Walikota berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui PT. SMI yang telah membantu akses permodalan sehingga Kota Solok bisa membangun rumah sakit yang representatif. Keberadaan RSUD tipe C merupakan kebutuhan dan keinginan masyarakat agar dapat menampung pelayanan rujukan dari fasilitas kesehatan pertama untuk peserta BPJS dan penerima program JKN-KIS.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur, jasa pelayanan kesehatan pun juga telah disiapkan untuk seluruh masyarakat Kota Solok melalui BPJS Kesehatan. Seluruh biaya kesehatan ditanggung dari APBN, APBD provinsi dan kota. Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan juga cukup dengan menggunakan KTP langsung dan akan terkoneksi dengan kartu BPJS.
“Ini merupakan sebuah langkah maju, dengan adanya rumah sakit ini semakin memantapkan kita dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Semoga harapan kita ini segera terwujud,” tutup Wawako. (gra)

Pos terkait