Kampanye Cegah Stunting dengan Protein Hewani di Kelurahan Nan Balimo

Kampanye Cegah Stunting dengan Protein Hewani di Kelurahan Nan Balimo

Kota Solok | TopSumbar – Puskesmas Nan Balimo mengadakan kegiatan pencegahan stunting yang dikemas dalam kampanye launching gerakan protein hewani cegah stunting dengan edukasi Isi Piringku di ruang pertemuan Gelanggang Betung, Kelurahan Nan Balimo, Kamis (16/2/2023).

Peserta dalam kegiatan ini adalah Kader PKK serta ibu-ibu yang memiliki Balita di lingkungan Kelurahan Nan Balimo. Turut hadir Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Solok, Ns. Hartini, S.Kep, M.Biomed, Kepala Puskesmas Nan Balimo, dr. Uswatun Hasanah, serta Lurah Nan Balimo, Jaziarni Rusti.
Dalam sambutannya lurah menyampaikan harapan agar dengan adanya kampanye gerakan ini dapat mengoptimalkan upaya percepatan penurunan stunting di Kelurahan Nan Balimo serta dapat menguatkan pelaksanaan program gizi dan kesehatan lainnya di Puskesmas. Lurah juga berharap agar peserta dapat mengikuti kampanye dengan baik dan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di rumah.

Narasumber pada kegiatan ini Nutrisionis Muda Puskesmas Nan Balimo, Rima Hardela, A.Md.Gizi. Narasumber memberikan edukasi program Isi Piringku untuk ibu-ibu yang mempunyai Balita. Isi Piringku merupakan program bagi masyarakat dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Bacaan Lainnya

Isi Piringku adalah pengganti konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Konsep lama tersebut kini tidak lagi mengakomodasi pemenuhan gizi seimbang. Secara umum, Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Materi berikutnya narasumber berikan penjelasan tentang makanan pendamping ASI untuk anak usia 6-8 bulan, 8-11 bulan dan 1-2 tahun. Masing-masing kelompok usia tersebut memiliki perbedaan dalam penyajian makanan pendamping ASI-nya.

Selain itu, juga dijelaskan pentingnya protein hewani selama usia Balita serta sumber protein hewani dan pengolahannya agar dapat dikonsumsi anak serta informasi mengenai takaran porsi makanan untuk anak. Peserta kampanye hari ini mengikuti kegiatan dengan baik dan antusias dari awal sampai akhir. Semoga ilmu yang diberikan dapat digunakan dengan baik. (gra)

Pos terkait