DPMD Dharmasraya Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Nagari

Dharmasraya | Topsumbar – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Dharmasraya menggelar bimbingan teknis (bimtek) Pengelolaan Keuangan bagi aparatur kecamatan dan aparatur nagari se Kabupaten Dharmasraya.

Acara bimtek yang digelar dari tanggal 20 sampai 23 Februari 2023 tersebut dilaksanakan di Aula DPMD setempat, di Nagari Koto Padang Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Dari informasi yang berhasil dihimpun wartawan Topsumbar di lokasi bimtek, dana desa tahap satu sebagian besar di Ranah Cati Nan Tigo sudah cair melalui rekening nagari masing-masing. Menurut Hasto Kuncoro, hal tersebut lah yang mendasari pentingnya bimbingan teknis pengelolaan keuangan nagari tersebut.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, dana desa untuk tahap pertama ini sebagian besar sudah cair melalui rekening nagari masing-masing, sehingga nagari bisa merealisasikan sesegera mungkin program-programnya
dan masyarakat juga bisa langsung merasakan progam tersebut,” ucap Hasto Kuncoro saat acara bimtek berlangsung.

Hasto Kuncoro juga mengatakan begitu pentingnya kegiatan bimtek pengelolaan keuangan nagari tersebut, dimana sebelum nagari mengelola keuangan untuk kegiatan di nagarinya masing-masing dan untuk mencegah terjadinya kekeliruan dalam pengelolaan keuangan nagari itu sendiri.

“Tujuan bimtek pengelolaan keuangan nagari ini digelar, supaya nagari sebelum mengelola keuangan untuk kegiatan nagari sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan, juga mencegah terjadinya kekeliruan dalam pengelolaan keuangan nagari itu sendiri,” jelas Kadis PMD itu.

Tujuan lain dari bimtek pengelolaan keuangan nagari tersebut supaya menghasilkan asas pengelolaan keuangan nagari yang transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin.

Selain para wali nagari, turut diundang seluruh unsur terkait dalam pengelolaan Keuangan di nagari yaitu terdiri dari camat, kasi terkait di kecamatan, sekretaris nagari, kaur keuangan dan kaur perencanaan di seluruh nagari se Kabupaten Dharmasraya.

Terpisah Wali Nagari Sikabau Abdul Razak kepada Topsumbar juga memaparkan dengan adanya bimtek yang diadakan DPMD pada para wali nagari dan perangkatnya bisa membuat pemerintahan nagarinya untuk tidak keliru dalam mengelola keuangan yang akan dipertanggungjawabkan.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur sekali dengan digelarnya acara bimtek pengelolaan keuangan nagari oleh DPMD terhadap para wali dan perangkatnya, sehingga menjadi acuan bagi kami serta kewaspadaan kami untuk mengelola keuangan yang nantinya akan kami pertanggungjawabkan,”ucap Abdul Rozak.

Di tahun 2023 ini wali nagari dua periode itu juga menjelaskan dana desa tahap pertama nantinya untuk pembangunan akses jalan (rigit beton) di tiga titik lokasi berbeda di Nagari Sikabau.

“Untuk dana desa tahap pertama ini sesuai perencanaan dana dialokasikan pembangunan akses jalan rigit beton di tiga titik, dimana selama ini masyarakat sangat mengeluhkan dengan kondisi jalan tersebut. Alhamdulillah tahun ini masyarakat nagari kita akan segera merasakan pembangunan jalan itu,” ungkap Abdul Razak.

(Yanti)

Pos terkait