MTs Muhammadiyah Pulau Punjung Gratiskan Biaya Sekolah Bagi Anak Yatim

Dharmasraya | Topsumbar – MTs Muhammadiyah Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya menggratiskan biaya sekolah bagi anak-anak yatim di Dharmasraya. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Irma Mafdawati Pasaribu S. Ag selaku Kepala Sekolah MTs Muhammadiyah Pulau Punjung kepada Topsumbar usai acara pembagian raport dan temu ramah antara pihak sekolah dengan seluruh wali murid, Rabu (04/01/2023).

Dirinya juga mengatakan bahwa pendaftaran penerimaan siswa-siswi untuk tahun ajaran 2023-2024 sudah dibuka. Diketahui Sekolah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Pulau Punjung mulai berdiri sejak tahun 1934 dan pada tahun 1936 mendapatkan pengakuan dari pemerintah Hindia-Belanda.

Madrasah Pulau Punjung sendiri sudah banyak melahirkan alumni-alumni sampai sekarang. Dari informasi yang di terima Topsumbar latar belakang sejarah berdirinya Madrasah Muhammadiyah Pulau Punjung, sama dengan latar belakang berdirinya Madrasah-madrasah Muhammadiyah di seluruh Indonesia pada masa penjajahan Belanda maupun Jepang saat itu, yakni untuk memperoleh kemerdekaan, rakyat/bangsa Indonesia harus cerdas, berpendidikan, mempunyai ilmu pengetahuan dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Bacaan Lainnya

Berpedoman kepada hal tersebut lah maka Muhammadiyah mendirikan madrasah-madrasah, pondok-pondok pesantren dan yang lain-lain diseluruh pelosok Indonesia. Sampai saat ini seiring dengan perkembangan zaman, Madrasah Muhammadiyah berkembang pesat dan sudah mengacu kepada sistem pendidikan nasional di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Irma Mafdawati juga membeberkan baru-baru ini Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Pulau Punjung untuk kesekian kalinya menerima bantuan dari Kementerian Agama pusat berupa 6 unit Komputer berikut servernya.

“Alhamdulillah secara fasilitas kita memiliki fasilitas yang sudah dibilang lengkap guna mendukung proses belajar mengajar anak-anak kita disekolah, Kementerian Agama pusat juga belum lama ini sudah mendatangkan enam unit komputer berikut servernya,” ucap Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah itu.

Selain Asrama putra dan putri berikut para pembina asramanya, MTs Muhammadiyah juga memiliki fasilitas Perpustakaan, Labor IPA, Labor Komputer, Masjid, Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Muhammadiyah untuk jurusan menjahit, kantin, ditambah fasilitas pendukung seperti kegiatan Extrakurikuler Pramuka/Hizbul Wathan, Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Tahfiz Qur’an, Tilawah, Drumband, Bimbingan Tahsin Alquran, Murojaah usai sholat subuh bagi putra dan putri asrama. Selain itu anak-anak didik MTs Muhammadiyah juga aktif di bidang olahraga.

Tidak sampai disitu anak-anak didik bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat Madrasah Aliyah Muhammadiyah yang berada di lokasi yang sama, bahkan Universitas Muhammadiyah pun tersebar diseluruh Indonesia.

MTs Muhammadiyah sendiri mempunyai Visi Mewujudkan peserta didik yang beriman bertaqwa berilmu serta berakhlak mulia. Misi menanamkan secara benar aqidah yang shahih berdasarkan Al-Qur’an dan as-sunah, mendorong siswa mampu beribadah sesuai tuntunan Alquran dan as Sunnah, Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dan profesional, Mendorong dan membantu siswa dalam pembelajaran berbasis IPTEK,
Pembinaan dan pengembangan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) sebagai organisasi Kader Muhammadiyah di masa depan.

(Yanti)

Pos terkait