Hari Amal Bakti ke-77, ASN Kemenag Simpul Kerukunan dan Persaudaraan Umat Beragama

Kota Solok | Topsumbar – Pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 tahun 2023, Kementerian Agama RI mengusung tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Kerukunan umat beragama adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai.

Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, terlebih menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 potensi terjadinya ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai.

“Kita semua mesti belajar pada yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial,” sampai Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar membacakan pidato Menteri Agama RI dalam upacara peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-77 di halaman Kantor Balai Kota Solok, Selasa (3/1).
Momen peringatan HAB ke-77 tahun ini, tugas berat ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat dan menjadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesunguhnya.

Semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan umat untuk mengantarkan pada Indonesia hebat. Peringatan HAB ke-77 menjadi momentum untuk meningkatkan solidaritas organisasi dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisasi untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada Negara, Kementerian Agama tahun ini kembali memberikan penghargaan Satyalencana karya Satya kepada 10.072 Pegawai Negri Sipil Kementerian Agama dengan rincian Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.860 orang dan 10 tahun kepada 6.277 orang.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama. Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayanan masyarakat yang terbaik,” tutup Wako Zul Elfian.

Upacara HAB ke-77 Kemenag tingkat Kota Solok dipimpin oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar bertindak inspektur upacara, dihadiri Wakil Walikota Solok, Kepala Kantor Kemenag, Forkopimda, kepala OPD, Ninik Mamak, Bundo kanduang, tokoh masyarakat, pensiunan Kementerian Agama, dan ASN di lingkungan Kantor kementerian Agama Kota Solok yang mengenakan pakaian baju kuruang basiba bagi perempuan dan baju taluak balango bagi lelaki.
Upacara diakhiri dengan penyerahan Satya Lancana 10 tahun dan 20 tahun kepada ASN Kemenag Kota Solok sebanyak 12 orang serta pengumuman pemenang berbagai lomba dalam rangka memeriahkan HAB ke-77. (gra)

Pos terkait