Festival Rang Solok Baralek Gadang Kembali Masuk Kalender KEN 2023

Jakarta | Topsumbar – Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival dan Sportive (Sport, Music, & Creative Event) Kalender 2023 resmi diluncurkan Sabtu (28/1) di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Kegiatan yang secara langsung dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati.

Pada kesempatan ini, event Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) kembali berhasil masuk dan diakui sebagai event nasional Kemenparekraf RI tahun 2023. RSBG dinyatakan lolos sebagai 110 event dan budaya unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Menparekraf menyampaikan, semua event (acara) yang masuk dalam kalender KEN adalah kumpulan event-event berkualitas yang dinilai mampu memberdayakan potensi lokal, masyarakat maupun UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk segera bangkit, karena setiap event ini membuka peluang usaha, lapangan kerja, dan mengangkat budaya setempat.
“Event ini akan menjadi magnet untuk menarik sebanyak-banyaknya kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk datang dan menikmati keunikan pariwisata Indonesia,” kata Sandiaga.

Wawako Ramadhani menyampaikan bahwa terpilihnya Kota Solok dengan event Rang Solok Baralek Gadang tentu membuat Kota Solok patut berbangga, apalagi ini adalah tahun kedua secara berturut-turut RSBG masuk dalam Kharisma Event Nusantara.

“Prestasi ini tentu bisa diraih berkat komitmen penuh dan dukungan kepala daerah, seluruh perangkat daerah dan stakeholders terkait serta masyarakat Kota Solok, dan ini harus kita buktikan kembali untuk suksesnya Rang Solok Baralek Gadang Tahun 2023 ini,” ujar Ramadhani.
Untuk Sumatera Barat sendiri, di tahun 2023 ini ada empat event yang lolos dalam kalender Kharisma Event Nusantara yaitu Rang Solok Baralek Gadang (Kota Solok), SISSCA (Kota Sawahlunto), Festival Pesona Minangkabau (Kabupaten Tanah Datar) dan yang baru masuk tahun ini Payokumbuah Botuang Festival (Kota Payakumbuh). (gra)

Pos terkait