Asosiasi Petani Tanaman Hias Padang Panjang Raih Prestasi Di Ajang Festival Rang Solok Baralek Gadang

TOPSUMBAR – Asosiasi Petani Tanaman Hias (APTH) Kota Padang Panjang berhasil meraih prestasi pada Festival Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) 2023 yang berlangsung 16-18 September 2023 di hamparan sawah kota Solok.

APTH Padang Panjang meraih juara 1 dan juara 3 dalam Lomba Merangkai Bunga.

Juara 1 diraih Rossy Marine dan Selvine Maslir. Juara 3 oleh Nora Susilawati dan Debbi Hari Susanti.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Kabid Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian kota Padang Panjang, Fitriadi M, S.Pt, Ahad, 17 September 2023, dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang.

“Ini prestasi yang membanggakan, karena dari 27 peserta, mereka berhasil meraih juara 1 dan juara 3 tingkat Sumatera Barat,” kata dia.

Khusus untuk perlombaan merangkai bunga ini, ujarnya, tidak ditentukan jenis bunganya. Bunga disediakan panitia, dan peserta lomba merangkai bunga yang akan dijadikan pajangan untuk meja dan buket bunga.

“Alhamdulillah berkat kekompakan dan kreativitasnya, mereka berhasil meraih juara,” ujarnya.

Selain itu, kata Adi, dalam festival tersebut ada beragam pertunjukan dan perlombaan yang diadakan. Di antaranya karnaval bunga, pameran tanaman hias, lomba merangkai bunga, lomba aquascape dan pameran ikan hias air tawar.

“APTH Padang Panjang hanya ikut pameran tanaman hias dan lomba merangkai bunga,” tukasnya.

Sementara itu, terkait Festival RSBG sendiri merupakan ajang nasional Kemenparekraf RI, Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023.

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Asisten Sekda Kota Solok Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal di Solok, Kamis (14/9) pekan lalu, mengatakan RSBG tahun 2023 mengambil berbagai objek budaya yang terhubung dengan pengetahuan lokal ketahanan pangan.

Jefrizal menambahkan pada RSBG ini tampil beragam penampilan spesial, antara lain penampilan Darak Badarak, tim kesenian asal Kota Pariaman yang baru saja meraih juara dua ajang Indonesia’s Got Talent (IGT) 2023.

Lalu, penampilan Orkes Taman Bunga, Tari Massal Crescent Theather x  Sirasook dan Dance Theatre (Thailand), Legasi Seni (Malaysia).

Kemudian, penampilan Teras Ansamble (Pontianak, Kalimantan Barat), Dance By Dya (Bandung), Adi Karya Dance Company (Medan), dan penampilan kesenian tradisional Kota Solok selaku tuan rumah RSBG.

(AL)

Pos terkait