Lestarikan Adat Budaya Minangkabau Pemko Bukittinggi Adakan Lomba Panitahan dan Masak Rendang

Bukittinggi | Topsumbar – Dalam rangka melestarikan adat istiadat Minangkabau, agar tidak terlupakan digenerasi penerus, terutama di Kota Bukittinggi, Pemko Bukittinggi melaksanakan lomba Panitahan dan masak rendang bertempat di Balai Adat Kelurahan Parit Antang, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Selasa (13/12/2022).

Walikota Bukittinggi Erman Safar sangat mengapresiasi dan antusias dengan adanya acara ini, diharapkan anak kamanakan (anak dan keponakan) kita mengetahui dan dekat dengan adat istiadat dan budaya Minangkabau serta cara berpakaian.

Kegiatan ini langkah nyata dari Pemko Bukittinggi untuk melestarikan adat istiadat di Ranah Minang, terutama di Kota Bukittinggi, dan juga acara ini sangat didukung oleh Ninik Mamak dan masyarakat Kota Bukittinggi, lanjut Erman Safar.

Bacaan Lainnya

Saya mengharapkan seluruh masyarakat Kota Bukittinggi ikut memeriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi yang ke 238 tahun, di bulan Desember ini, kita akan merayakannya dengan event PEDATI (Pesta Budaya dan Seni Pameran Dagang dan Industri) tahun 2022 dan mengundang masyarakat Sumatera Barat, masyarakat Indonesia, dan mancanegara untuk datang ke Kota Bukittinggi pada saat acara tersebut, tutup Erman Safar.

Peserta lomba panitahan dan masak rendang diikuti oleh masyarakat umum yang ada di 9 Kelurahan yang ada se Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh , ujar Camat Aur Birugo Tigo Baleh, Hastin Atas Asih.

Hadir dalam acara ini, Ninik Mamak, masyarakat, Pemuda Pancasila, dan Lurah se Kecamatan Aur Birugo Tiga Baleh. Kami sangat senang punya Walikota yang selalu support kegiatan-kegiatan yang sifatnya membangun, dan Beliau selalu menyempatkan hadir dalam setiap kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, tambah Hastin.

Di bulan Desember 2022 ini juga Kota Bukittinggi akan memeriahkan Hari Ulang Tahunnya dengan mengadakan acara event PEDATI, kita bersyukur dengan kepemimpinan Walikota Bukittinggi, Bapak Erman Safar, karena beliau sangat perhatian terhadap event budaya yang akan mengangkat perekonomian masyarakat Kota Bukittinggi, event PEDATI ini sudah 12 tahun tidak pernah diadakan lagi, dan sekarang ini, tahun 2022, kita akan mengadakan event tersebut, terima kasih Pak, kata Hastin.

(HT)

Pos terkait