Alinia Park And Resort Gandeng Asita Majukan Destinasi Pariwisata

Dharmasraya | Topsumbar – Alinia Park and Resort yang menjelma menjadi salah satu destinasi wisata terunik yang berlokasi di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat gandeng Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita), pada Sabtu Malam (17/12/2022) sekaligus penandatanganan MOU kerjasama.

Dimana pada malam penandatanganan MOU kerjasama tersebut Ketua Asita Sumatera Barat, Ketua Asita Riau dan Ketua Asita Jambi dalam memberikan kata sambutannya saling mengungkapkan kekaguman mereka terhadap Alinia Park and Resort yang sebelumnya merupakan lahan semak, tidak dikunjungi orang kemudian disulap oleh Marlis menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Tidak hanya itu, para ketua ASITA juga mengatakan, selain menyuguhkan tempat pariwisata dan berbagai wahana permainan anak, Alinia juga hadir untuk memberikan edukasi peternakan kepada masyarakat umum, sekolahan.

Bacaan Lainnya

Di ketahui, Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) sendiri adalah Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata di Indonesia, dimana destinasi-destinasi wisata seluruh Indonesia seperti Alinia menjadi rekan kerjasamanya.

Darmawi ketua ASITA Sumatera Barat mengaku sangat bangga dengan Marlis dimana menurutnya suatu lahan yang tidak enak dipandang mata menjadi emas berlian saat ini.

“Suatu terobosan yang inovatif sekali sehingga kami terkejut, tidak menyangka ada destinasi wisata dengan wahana yang lengkap di sini,”ucap Ketua Asita Sumbar itu.

“Kami dari DPD Asita sangat beruntung karena alinia Park and Resort menjadi salah satu destinasi wisata baru di Sumatera ini,” tambahnya lagi.

Dirinya juga menyampaikan,” Pesan dari Bapak Gubernur Sumatera Barat untuk menjadikan Sumatera Barat menjadi tempat kunjungan wisata tercantik, dan salah satunya sudah di wujudkan oleh Bapak Marlis. semoga ini menjadi motivasi-motivasi bagi para pemilik destinasi wisata laonya dibawah naungan kami,”ungkap Darmawi.

Selanjutnya Ade Dewi Ketua ASITA Jambi, juga mengatakan,” ini testimoni jujur bagi saya selaku pegiat pelaku pariwisata. pertama tiba disini, saya yang saya pertama kunjungi adalah kandang ayam, dimana kandang ayam pada umumnya jorok, bau. Namun berbeda dengan disini kandang ayam nya modren, tanpa bau, dan bersih,”kata Ade Dewi.

“Ternyata Dharmasraya mempunyai Alinia sebagai tempat destinasi wisata yang sangat bagus. Luar biasa pak, saya berharap Aline bisa sukses, maju.
selain destinasi wisata yang bagus, juga bisa menyuguhkan edukasi peternakan,”imbuhnya lagi.

Begitu pula Dede Firman Syah Ketua ASITA Provinsi Riau,” Sudah komplit kata-kata tersampaikan dari ASITA Sumbar dan Jambi barusan, dapat kami pastikan dari Riau kami akan rekomendasikan Alinea kepada masyarakat Riau untuk singgah ke Dharmasraya karena ada yang unik ini,”Puji Ketua Asita Riau.

Tak ketinggalan Ali Siwork selaku DPP Asita Nasional mengatakan konsep yang diciptakan Marlis adalah membangun suatu lahan tidak hanya membangun perternakan tapi juga menggabungkannya menjadi bagian dari destinasi pariwisata, konsep seperti ini bagus sekali, saat ini di Indonesia masyarakatnya lebih cenderung tertarik mengunjungi pariwisata buatan seperti salah satu konsep Alina Park and Resort ini,” ucap Ali Ketua Asita Nasional.

“Asita adalah organisasi yang sudah cukup mapan membangun kepariwisataan, saya sangat mengapresiasi Alinia Park and Resort ini, dimana anak sekolahan selain belajar juga bisa langsung berpariwisata,” jelasnya.

“Pada acara hari ini Bapak Marlis sudah menjadikan lahan yang tidak dikunjungi orang menjadi destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi,” imbuhnya lagi.

Kabid Pariwisata Kabupaten Dharmasraya Beni Mandala Putra dalam acara tersebut dalam sambutannya mengungkapkan,” kita di Dharmasraya dipandang tidak memiliki destinasi wisata, Alhamdulillah berkah itu datang dari Alinia Park and resort ditahun 2021 bapak Marlis mewujud destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan,” ucap Kabid Pariwisata itu.

Tahun 2020, kami dari dinas pariwisata kabupaten dharmasraya 2021, 2022 sudah memiliki beberapa destinasi desa wisata.
Selain desa wisata tersebut Alinia tentu juga menjadi masterpiece untuk menarik wisatawan berkunjung ke Dharmasraya dengan seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki Alinia,”ungkap Beni.

Sebelumnya pemilik Alinea Park and Resort, Marlis, menceritakan,” 10 tahun lalu lahan ini terlantar, pada 2021 saya berkunjung kelahan ini dengan tujuan untuk mendirikan peternakan ayam yang merupakan saran dari seorang sahabat saya. Selesai bangun perternakan ayam, saya dan istri harus bolak balik antara Kota Padang dan Dharmasraya karena domisili kami di Kota Padang.
akhirnya diputuskan bangun rumah di lahan ini, namun begitu selesai ada ketakutan karena jauh dari pemungkiman warga serta masih semak disekelilingnya.

Suatu seketika, timbul niat untuk merobah lahan semak tersebut untuk menjadi daerah pariwisata.
Akhirnya Alinia Park and Resort menjelma menjadi destinasi wisata terunik di Sumatera Barat bahkan Internasional. Karena di tengah-tengah destinasi wisata ada atau berdiri perternakan ayam,”ucap Marlis bercerita.

“Kami mengajak rekan-rekan semua untuk bekerjasama secara profesional dan bisnis. Disamping itu dengan dukungan penuh pemerintah daerah kami siap menjadikan Alinea Park And Resort menjadi salah satu tujuan destinasi wisata bagi wisatawan lokal bahkan wisatawan internasional sekalipun.
Di sini wahana kami siap melayani rekan-rekan semua dengan fasilitas lengkap.
Niat kami disini, kami ingin bermanfaat untuk Dharmasraya, sehingga orang bisa bilang Dharmasraya bukan saja rimba, kebun karet, sawit tapi ada surga di Dharmasraya.
Hari ini lebih dari 1.300 pengunjung datang kesini, dari Tebo, Jambi, teluk kuantan Singingi, Sijunjung, Solok Selatan.
Dulu namanya alinia Park and Farm, namun sekarang menjadi Alinia Park and Resort selain wisata juga menjadi tempat edukasi perternakan,” ungkap Marlis.

Selanjutnya di penghujung acara tersebut dilaksanakan penandatanganan MOU nota kesepakatan antara pihak alinia dengan para Asita Summatera Barat, Riau, dan Jambi juga dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Selain para Ketua Asita beserta rombongan, Kabid Pariwisata dari Dinas Bupparpora Kabupaten Dharmasraya, turut hadir Ketua KNPI Sumatera Barat, Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif, serta Wakil Bendahara Nasdem Sumatera Barat, saat louncing Alinia Park and Resort, juga dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat didampingi oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga sekaligus Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (Apkasi).

(Yanti)

Pos terkait