Dharmasraya Launching Si-PULAU PANDHA jadi Program Prioritas

Dharmasraya | Topsumbar – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melounching inovasi dari Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya yakni Si-PULAU PANDHA (Pembangunan Pusat Sistim Pelayanan dan Pengaduan Terpadu Satu Atap).

Inovasi ini digagas untuk mewujudkan efektifitas penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Dharmasraya. Dwi Andayani, S.Sos Kepala Bidang Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial sekaligus penggagas inovasi Si-PULAU PANDHA yang dilouncing langsung oleh Bupati Dharmasraya pada Senin (07/11/2022) di halaman Kantor Bupati, Pulau Punjung saat apel pagi gabungan.

Bupati Sutan Riska setelah apel gabungan menyatakan bahwa pemerintah daerah Dharmasraya menyatakan Si-PULAU PANDHA menjadi program prioritas Ranah Cari Nan Tigo saat ini.

Bacaan Lainnya

“Dengan dilaunching nya inovasi Si-PULAU PANDHA yang saat ini merupakan program prioritas Kabupaten Dharmasraya, karena inovasi tersebut sangat mendukung program pemerintah terutama dalam mengentaskan kemiskinan,” ucap Sutan Riska.

Bupati menambahkan, inovasi Si-PULAU PANDHA ini sangat diperlukan untuk penanganan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, efektif, efesien dan transparan melalui pembangunan sistem pelayanan dan pengaduan satu atap di Dharmasraya atau Si-PULAU PANDHA,” ungkap Bupati menjelaskan.

Plt Kepala Dinas SOSP3APPKB, Defri Zuhendra, S. STP, M.M melalui Kabid Rehabperjamsosnya Dwi Andayani sebelumnya membeberkan kepada Topsumbar, Demi terwujudnya inovasi Si-PULAU PANDHA maka perlu dukungan dari Kepala Daerah, Sekretaris Daerah, OPD terkait serta stakeholder internal maupun eksternal agar pelayanan kesejateraan sosial yang efektif, efisien, tepat sasaran dan transparan dapat terwujud.

Selain itu juga memberikan kemudahan masyarakat untuk mengadukan permasalahan sosialnya serta PPKS dapat dipetakan dengan valid dan dapat dipertanggungjawakan. Kemudian melalui inovasi ini masyarakat juga bisa mengakses langsung informasi tentang program-program bidang pemberdayaan sosial, bidang rehabilitasi perlindungan dan jaminan sosial.

Dengan inovasi ini masyarakat bisa menyampaikan masukan, keluhan, evaluasi melalui layanan diskusi dalam aplikasi, melalui tiga metode yakni metode datang langsung, lewat telpon atau WhatsApp serta metode jemput bola.

“Alhamdulillah pada Senin Senin (07/11/2022) kemarin saat apel gabungan Bupati kita Sutan Riska Tuanku Kerajaan melaunching inovasi Si-PULAU PANDHA, selain itu beliau juga menyatakan dukungan penuhnya pada inovasi Dinas Sosial ini, mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama terlebih harapan bupati bisa terwujud dengan adanya inovasi Si-PULAU PANDHA ini yakni mengentaskan kemiskinan dan memberikan pelayanan kesejahteraan sosial yang efektif, efisien, tepat sasaran dan transparan dapat terwujud,” ucapnya.

Selain itu juga memberikan kemudahan masyarakat untuk mengadukan permasalahan sosialnya serta PPKS dapat dipetakan dengan valid dan dapat dipertanggungjawakan, sambung Dwi Andayani.

Kedepan nya Si-PULAU PANDHA akan membentuk unit pelayanan dan pengaduan yang ada di Tingkat Kecamatan se Kabupaten Dharmasraya.

(Yanti)

Pos terkait