Tanamkan Literasi Sejak Usia Dini Melalui Membaca dan Menulis

Kota Solok | Topsumbar – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Wadirman beserta jajaran menghadiri acara perlombaan yang bertemakan Terapkan Literasi Hebat (TERLIBAT) di SD Negeri 06 Tanah Garam Kota Solok, Selasa (11/10/2022).

“Saya mengapresiasi dan begitu terkesan dengan kegiatan ini. Semoga kegiatan seperti ini dilaksanakan sacara rutin setiap tahunnya dan tidak kali ini saja, sehingga terus berlanjut,” ujar Wadirman saat membuka acara perlombaan.

Sementara Kepala Sekolah SD Negeri 06 Tanah Garam Ermalinda, menyatakan acara ini diadakan berdasarkan program kerja tahunan perpustakaan tahun 2022 yang tertuang dalam RKAS Dana BOS Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

“Melalui kegiatan ini diharapkan semua peserta didik yang berjumlah 315 ini terlibat aktif sesuai dengan tingkatan, lomba yang diadakan berbeda-beda dari kelas I hingga kelas VI, seperti lomba tarik garis dan mewarnai untuk kelas I, lomba kolase dari kertas origami untuk kelas II, Lomba mozaik dari biji-bijian untuk kelas III, Lomba membuat cerita pada gambar berseri untuk kelas IV, lomba membuat komik untuk kelas V dan lomba membuat poster untuk kelas VI,” papar Ermalinda.

Acara pembukaan kegiatan lomba perpustakaan ini dihadiri oleh, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok beserta jajaran, Kepala Dinas Pendidikan, Anggota Komisi I DPRD Kota Solok, Taufik Nizam dan Komite Sekolah SDN 06 Tanah Garam.

“Saya sangat terkesan dan memberi apresiasi pada acara ini sebagai langkah awal menanamkan literasi sejak dini melalui membaca dan menulis, semoga semangat literasi ini terus berlanjut,“ ujar Taufik Nizam.

Para tamu undangan diberikan kesempatan untuk menyerahkan lembar kerja kegiatan lomba, dan diminta pula untuk mencabut nomor lot untuk penerimaan doorprize serta menyerahkan hadiah langsung kepada peserta didik yang beruntung dalam acara lomba yang bertemakan TERLIBAT ini.

Perwakilan peserta didik SDN 06 Tanah Garam menampilkan sebuah pertunjukan yaitu lagu yang khusus diciptakan untuk acara ini sebagai hiburan. (gra)

Pos terkait