Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW, MIN Kota Solok Gelar Ceramah Agama

Kota Solok | Topsumbar – MIN Kota Solok menggelar ceramah agama yang dipandu Syafwi Qohir, pensiunan Penyuluh Agama Senior Kota Solok, dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, bertempat di Aula MIN Kota Solok, Jumat (7/10/2022).

Dihadiri oleh segenap pengajar dan siswa MIN Kota Solok. Syafwi Qohir dalam tausiahnya mengatakan, makna peringatan Maulid Nabi mengingatkan manusia tentang risalah dan sirah dari Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu, umat Islam akan memahami bahwa satu-satunya tauladan adalah Nabi Muhammad SAW. Perayaan Maulid Nabi ditetapkan berdasarkan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yaitu 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau sekitar tahun 570 masehi. Maulid Nabi diperingati untuk mengenang kelahiran dan perjuangan Nabi Muhammad SAW demi umat Islam.

“Kepada anak-anak akmi, mari kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena telah menghadirkan Nabi Muhammad SAW ke dunia ini untuk memberi petunjuk kepada kita semua agar selamat dunia dan akhirat. Mari ikuti ajarannya, perilakunya karena tidak ada teladan dan panutan yang dapat memberi kita safaat pertolongan kecuali Nabi Muhammad SAW,” ajaknya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala MIN Kota Solok Joni, S.Ag, M.MPd menyampaikan umat islam khususnya para para siswa MIN Kota Solok harus mengikuti akhlak Rasulullah sebagai suri tauladan yang ideal dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Memperingati Maulid Nabi merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada Rasulullah SAW. Tentunya tidak sekadar memperingati melainkan mengambil hikmah dari ahlak Rasulullah dengan meneladaninya. Nabi Muhammad adalah uswatun hasanah, keberadaannya di dunia ini adalah untuk memperbaiki akhlak manusia di bumi. (gra)

Pos terkait