Kakan Kemenag Pantau Pelaksanaan ANBK Tingkat MTsN Kota Solok

Kota Solok | Topsumbar – Didampingi Plt. Kasi Penmad, Irawadi Uska, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok H. Afrizal melaksanakan monitoring hari kedua pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat MTs di MTsN Kota Solok, Selasa (20/9/2022).

Kedatangan Kakan Kemenag beserta tim untuk melihat sejauh mana peserta didik melaksanakan ANBK serta kelengkapan sarana dan prasarana juga kendala di lapangan selama ANBK berlangsung.

ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu, selain itu ANBK juga sebagai sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

Bacaan Lainnya

“Kepada para siswa agar selalu mejaga stamina, kesehatan, tidur yang cukup dan berharap dengan dilaksanakannya ANBK. Ini akan dapat membantu dalam pembelajaran ke depannya, terutama di zaman IT,” pesan Kakan Kemenag.

Di samping itu , H. Afrizal juga memberikan apresiasi terhadap kinerja dan kerja ikhlas dari tim dan teknisi madrasah dalam membimbing siswa menghadapi ANBK sejak awal simulasi, gladi sampai pelaksanaan ANBK utama hari ini, sehingga siswa dapat memahami teknis pelaksanaan dan pelaksanaan ANBK utama dapat berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala MTsN Kota Solok, Hj. Ifa Yetriani mengatakan, bahwa hari kedua ANBK dimulai pada pukul 07.30 WIB tampak lancar dan aman, baik dari segi teknis, jaringan, alat ataupun kehadiran siswa. Pada hari kedua siswa akan mengikuti asesmen nasional di bidang numerasi, sebelumnya hari pertama, bidang literasi. ”Semoga pelaksanaan ANBK aman dan lancar dari awal sampai akhir, dan semua peserta asesmen selalu dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Kepala Madrasah menyebutkan, peserta yang ikut ANBK tingkat MTsN berjumlah 50 orang dengan perincian 45 orang peserta ANBK dan 5 orang cadangan yang dipilih secara acak oleh sistem. ANBK dilaksanakan dalam tiga sesi, dimana setiap sesi diikuti oleh 15 orang siswa. (gra)

Pos terkait