Wako Zul Elfian Umar Hadiri Welcome Dinner Rakernas APEKSI 2022 di Padang

Padang | Topsumbar – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar didampingi Ketua TP PKK Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian Umar menghadiri welcome dinner penyambutan peserta Rakernas (Rapat Kerja Nasional) APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) ke-XV di Hotel Truntum, Kota Padang, Minggu (7/8) malam.

Jamuan makan malam dari Pemerintah Kota Padang ini dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Ketua Apeksi Bima Arya, Ketua Dewan Pengawas APEKSI, yang juga Walikota Jambi, Syarif Fasha, Walikota Padang, Hendri Septa, selaku tuan rumah, beserta 85 Walikota dan 9 Wakil Walikota se-Indonesia.

Wali Kota Padang, Hendri Sapta mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan seluruh Wali Kota di Kota Padang. Hendri menyatakan siap melayani para wali kota yang datang dalam Rakernas APEKSI 2022. Ia menyebut ada 95 orang wali kota yang hadir dalam ajang ini.

Bacaan Lainnya

Hendri Sapta juga mengaku merasa bangga Kota Padang untuk pertama kali bisa menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI 2022 setelah 22 tahun berdiri. Gelaran Rakernas APEKSI memang sempat terhenti pada saat pandemi Covid-19 lalu. Terakhir, Rakernas Apeksi digelar di Semarang pada tahun 2019.

Sejumlah agenda berlangsung dalam rangkaian Rakernas APEKSI 2022 selama empat hari hingga 10 Agustus Mendatang. Agenda tersebut di antaranya Indonesia City Expo 2022 di RTH Imam Bonjol, Youth Changer, Ladies Program, City Tour, penanaman pohon, bersih pantai, Gowes, lomba marandang dan membuat teh talua hingga pawai budaya nusantara.

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan yang hadir dalam welcome dinner menyampaikan selamat datang kepada para wali kota dari berbagai daerah. Ia berharap Rakernas APEKSI 2022 di Kota Padang berjalan sukses dan APEKSI semakin jaya.

“Event ini penting sebagai momen kebersamaan seluruh kota se-Indonesia. Semoga semua peserta dapat mengambil manfaatnya untuk kemajuan daerah masing-masing ke depan,” harapnya.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Bima Arya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kota Padang yang sangat serius mempersiapkan penyelenggaraan Rakernas APEKSI XV.

“Padang sungguh luar biasa. Saya rasa termasuk kota tuan rumah penyelenggara Rakernas APEKSI XV terbaik. Hal ini patut ditiru tuan rumah Rakernas APEKSI selanjutnya,” kata Wali Kota Bogor tersebut.

Menteri dan para wali kota juga akan meninjau stand pameran di Indonesia City Expo (ICE) 2022, Senin (8/8/2022) di RTH Imam Bonjol. ICE 2022 ini merupakan eksebisi bagi pemerintah kota di seluruh Indonesia yang merupakan rangkaian agenda Rakernas APEKSI 2022.

Eksebisi dalam rangkaian Rakernas APEKSI 2022 Padang memiliki 93 stand pemerintah kota yang menyebar di beberapa tenda ukuran besar.

Pemerintah Kota Solok akan mengikuti seluruh rangkaian acara tersebut, termasuk Pawai Budaya Nusantara yang akan diikuti kontingen Kota Solok, Selasa (9/8) malam di kawasan Pantai Padang. (gra)

Pos terkait