Gubernur Mahyeldi Buka Gelaran Jambore PKK Sumbar di Agam

Gubernur Mahyeldi Buka Gelaran Jambore PKK Sumbar di Agam

Kota Solok | TopSumbar – Gebyar Jambore Kader PKK Berprestasi ke-XIX dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 di Lubuak Basuang Kabupaten Agam, dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, yang didampingi Bupati Kabupaten Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, Selasa (19/7).

Kedatangan Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi didampingi Bupati/Walikota se-Sumatera Barat menghadiri pembukaan Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Sumatera Barat di Arena GOR Rang Agam Lubuak Basuang disambut dengan Tari Galombang, tando rang minang baralek gadang.

Peresmian pembukaan Jambore Kader PKK berprestasi ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumbar, didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Bupati Kabupaten Agam dan Ketua TP PKK Kabupaten Agam dan dilanjutkan dengan pemotongan Nasi Kuning oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumbar yang akan diberikan kepada Gubernur Sumbar, serta pemasangan tanda peserta diwakili utusan dari Kabupaten Agam dan dari Kota Pariaman.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi mengatakan Pemrov Sumbar menyambut baik kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi. Perhelatan ini merupakan kegiatan Akbar yang harus dilakukan secara rutin dari tahun ke tahun secara bergiliran untuk Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat sebagai tuan rumah.

Mahyeldi memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung semua kegiatan, mulai dari tingkat provinsi sampai Kabupaten dan Kota, juga kepada Kabupaten Agam sebagai tuan rumah jambore tahun 2022.

Seiring perkembangan saat ini, tugas dan tanggung jawab ke depan semakin berat, mengingat kompleksnya permasalahan di tengah masyarakat, meningkatnya kemiskinan, stunting, LGBT, permasalahan sosial lainnya, dengan permasalahan itu menjadi pemicu dan pemacu agar kerja kita semua, khususnya kader PKK, agar meningkatkan, mencermati dan mencari solusi, agar permasalahan yang ada bersama mitra kerjanya melakukan hal yang bersentuhan langsung untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, khususnya dalam pemberdayaan dan keluarga.

Mengakhiri sambutannya, Mahyeldi memberikan motivasi untuk memberi penyemangat bagi kader peserta lomba dengan menambah hadiah bagi Kabupaten/Kota yang juara.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny. Harneli Bahar Mahyeldi membacakan sambutan Ketua Umum TP- PKK Pusat Ny. Try Tito Karnavian dalam rangka HKG ke-50 tahun 2022. Upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa yakni dengan hati dan niat yang tulus, oleh karena itu gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama.

Momentum peringatan HKG tahun ini bisa mendayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan malakukan evaluasi dalam program. Semua program PKK dapat dilaksanakan di semua jenjang, sehingga program PKK dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Melalui HKG ke 50 tahun 2022, diharapkan kepada semua pembina PKK memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas kepada kader kader PKK dan Kader Dasawisma.

Lebih lanjut, Ketua TP-PKK Sumbar melaporkan bahwa pelaksanaan Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Sumatera Barat dilaksanakan dari tanggal 18 s.d 20 Juli 2022, di Gor Rang Agam, Lubuak Basuang Kabupaten Agam. Dengan jumlah peserta lebih kurang 500 orang, bentuk kegiatan yang dilaksanakan di jambore, antara lain penyuluhan kesehatan, penanaman pohon sebagai bentuk gerakan perempuan galang pembangunan, tausiah keagamaan, penampilan kesenian masing-masing daerah, muhasabah, senam sehat dan juga perlombaan di masing-masing Pokja.

Pada gelaran hari kedua jambore ini, kontingen Kota Solok mengikuti lomba parade seiring dengan pembukaan yang diikuti sangat antusias dengan tampilan yang memuaskan, kemudian dilanjutkan dengan lomba Vlog Pokja IV, dengan tema Keluarga Sehat, Tanggap, Tangguh Bencana yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, serta lomba Stand UP2K Pokja II, diakhiri dengan kegiatan outbond estafet memakai kain sarung. (gra)

Pos terkait