Sempat Terhenti Beberapa Tahun, Pasa Harau Art and Culture Festival Ke 5 Kembali di Gelar

Sempat Terhenti Beberapa Tahun, Pasa Harau Art and Culture Festival Ke 5 Kembali di Gelar
Sempat Terhenti Beberapa Tahun, Pasa Harau Art and Culture Festival Ke 5 Kembali di Gelar

TOPSUMBAR – Sempat terhenti beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, Pasa Harau Art and Culture Festival ke-V tahun 2023 kembali digelar. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka dibuka secara resmi oleh Direktur Sosialisasi dan Komunikasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Agus Moh. Najib bersama Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Sabtu, 2 September 2023.

Dalam perhelatan yang menyuguhkan ragam kebudayaan masyarakat sekitar objek wisata Lembah Harau, permainan tradisonal hingga pertunjukan musik akustik ini juga menampilkan sejumlah bintang tamu ikut memeriahkan kegiatan kesenian tersebut, diantaranya Artis Minang Ajo Buset, Khairat KDI, dan 15 kelompok seni dari berbagai daerah.

Turut hadir dalam pembukaan, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Parpora Syukri Anda, dan unsur Forkopimda.

Bacaan Lainnya

Direktur Sosialisasi dan Komunikasi BPIP Agus Moh.Najib mengatakan, sangat apresiasi terselenggaranya Pasa Harau Art And Culture Festival kelima yang diselenggarakan di Nagari Harau.

“Festival ini sangat menggambarkan nilai-nilai Pancasila, karena adat dan budaya merupakan bagian dasar dan nilai luhur bangsa yang merupakan cikal bakal terciptanya Pancasila,” ungkap Najib.

Najib turut menyingggung, pasca reformasi, generasi muda kurang memahami Pancasila, melalui kegiatan Pasa Harau, generasi muda lebih memahami setiap poin yang terkandung dalam Pancasila.

“Selain itu, keberagaman budaya Minang patut dijaga dan dilestarikan dan harus membawa manfaat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama nagari Harau dan Limapuluh Kota,” tambah Najib menutup sambutannya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengatakan, kegiatan ini sangat mendukung perkembangan wisata di Lembah Harau dan sekitarnya yang dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara menuju objek wisata Lembah Harau.

Kemudian, Bupati menyatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh sejumlah komunitas kreatif tersebut sangat kreatif dan kolektif dengan memberdayakan anak nagari dan penggiat seni maupun wisatawan didalamnya untuk dijadikan sebagai hiburan rakyat yang patut untuk dikunjungi.

“Terimakasih kepada panitia yang ikut mensukseskan kegiatan ini, mudah-mudahan dengan kelima kalinya digelar, Pasa harau semakin meningkatkan kunjungan wisatawan kita dan dapat memperkenalkan keanekaragaman seni dan budaya minangkabau di Kabupaten Limapuluh Kota,”ujarnya.

Selain itu, Bupati menghimbau para pengunjung dan panitia untuk bersama menjaga keindahan dan kelestarian Lembah Harau dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Mari kita jaga dan rawat tempat nan indah ini dengan membuang sampah di tempatnya serta mari mensukseskan program Mahkota Berlian (Limapuluh Kota Bersih Lingkungan),” pungkas Bupati Safaruddin. (Ton)

Pos terkait