DLH Kota Solok Lakukan Pembinaan ke SMPN 5

DLH Kota Solok Lakukan Pembinaan ke SMPN 5

Kota Solok | TopSumbar – Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Rombongan Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Penegakan Hukum Lingkungan Aznil Zaini, ST, MT melakukan pembinaan Sekolah Adiwiyata di SMPN 5 Kota Solok, Selasa (5/7/2022). Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Sub Koordinator Kegiatan Pembinaan dan Informasi Lingkungan Nelli Amrianis, SP beserta 2 orang staf Ovi Oktavini, ST, M.IL dan Iftitahul Fajriyah, SE.

Aznil Zaini, ST, MM selaku ketua rombongan dalam sambutannya berharap melalui pembinaan sekolah adiwiyata ini diharapkan sekolah-sekolah di Kota Solok akan terpacu dan termotivasi dalam kebersihan lingkungan sekolah dan menjadi sekolah adiwiyata. Untuk mencapai tujuan tersebut butuh kerja keras serta dukungan dari seluruh perangkat daerah, stakeholder dan elemen masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Sekolah yang mengikuti program Adiwiyata dapat melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah dan dapat mewujudkan perubahan perilaku terhadap kecintaan lingkungan dimulai dari lingkungan sekolah, melalui perilaku ramah lingkungan dalam pembelajaran, ekstrakurikuler maupun kehidupan bermasyarakat,” harap Aznil.

Menurut Nelli Amrianis, gerakan pembinaan ini bertujuan untuk mendorong terlaksananya Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. “Syukurnya pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup selalu memberi dukungan melalui pembinaan ke sekolah,” ujarnya.

Selain pemberian materi, kegiatan juga diisi dengan pengisian kuesioner tentang Evaluasi Diri Mandiri calon sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Selanjutnya Nelli juga mengingatkan pihak sekolah tentang pengelolaan sampah serta memberikan saran dan masukan tentang kebersihan lingkungan dan drainase, penanaman dan pemeliharaan pohon, konservasi air, konservasi energi serta inovasi berhubung penilaian untuk Kota Adipura sudah dekat. (gra)

Pos terkait