Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Pesisir Selatan · 17 Jun 2022 16:29 WIB ·

Bupati Rusma Yul Anwar Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan


 Bupati Rusma Yul Anwar Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Perbesar

Pesisir Selatan | Topsumbar – Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Jambore Kader PKK yang ke-17 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2022 di gedung PCC, Jumat (17/6). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 17-18 Juni 2022 itu dibuka Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dan dihadiri Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Ny.Yunesti Rusma Yul Anwar dan kepala perangkat daerah.

Dalam sambutanya Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan, sebagaimana visi dari gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, sehat, sejahtera, maju dan madiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Hal itu diimplementasikan melalui misi gerakan PKK adalah meningkatkan mental, spiritual, perilaku hidup dengan menghayati dan mengamalkan Pancasila. Meningkatkan pendidikan dan keterampilan dalam upaya mencerdaskan dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, pemanfaatan pekarangan, sandang, perumahan serta tata laksanakan rumah tangga yang sehat. Meningkatkan derajat kesehatan, kelestarian lingkungan dan membiasakan hidup menabung.

Bupati berharap dengan adanya Jambore Kader PKK berprestasi dapat menjadi ujung tombak atau perpanjangan tangan Tim Penggerak PKK Nagari untuk melaksanakan gerakan PKK dalam rangka mewujudkan keluarga sehat, berkualitas dan berketahanan pangan.

Dikatakan, gerakan PKK kedepan seyogianya memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap pemberdayaan keluarga. Memang harus dipahami keluarga sebagai sebuah potensi sosial yang besar dan karenanya harus memiliki strategi pembangunan yang tepat sehingga potensi tersebut dapat menciptakan manfaat dan kemaslahatan sosial yang luas.

Memahami tantangan yang begitu berat dalam memaknai tanggung  jawab terhdap pemberdayaan keluarga, diharapkan masing-masing perangkat daerah dan camat selaku Anggota Dewan Penyantun senantiasa dapat memberikan perhatian untuk peningkatan sumberdaya kader melalui program pembinaan dan peningkatan kemampuan kader.

“Salah satu bentuk pembinaan tersebut adalah melalui kegiatan Jambore Kader PKK ini ditekankan agar kader-kader dapat meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK,” ajak bupati.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Ny.Yunesti Rusma Yul Anwar dalam sambutannya mengatakan, tujuan Jambore Kader PKK itu adalah meningkatkan percepatan gerakan PKK dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas.

Meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan peserta jambore. Sebagai wadah dan kesempatan untuk berbagi pengalaman antara sesama peserta dan tumbuhnya rasa harga diri serta kebanggaan bagi peserta. Selanjutnya, mengefektifkan pembentukan kelompok PKK dan menggerakkan 10 program pokok PKK.

“Melalui kepedulian dan kearifan sosial, dimana gerakan PKK menempati posisi yang sangat strategis. Memiliki program yang jelas dan kader-kader yang tangguh yaitu kader Desa Wisma tersebar sampai ke lapisan paling dekat dan bersentuhan dengan keluarga-keluarga,” jelasnya.

Disebutkan, Jambore Kader PKK tingkat kabupaten tahun 2022  itu diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari 12 Tim Penggerak PKK Kecamatan dan perangkat daerah lainnya. “Kita berharap Jambore Kader PKK ini berjalan dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan itu Yunesti menyampaikan terima kasih kepada bupati sebagai ketua dewan pembina PKK dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan Jambore PKK ini.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Tim Penggerak PKK dan kader mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan nagari yang telah bekerja keras melaksanakan program-program PKK. “Dalam pelaksanaan program PKK, kita berharap dukungan dari pemerintah daerah dan perangkat daerah yang ada,” harap Yunesti. (RD)

Hits: 4

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

IPI Kabupaten Pesisir Selatan Periode 2022-2025 Dikukuhkan

28 September 2022 - 05:48 WIB

“Sapu Jagat” Amankan Dua Pemuda

27 September 2022 - 13:55 WIB

Kapolres Pessel, Minta Anggota Responsif Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat

22 September 2022 - 17:30 WIB

Fraksi DPRD Pessel Sampaikan Pandangan Umum tentang Perubahan APBD TA 2022

21 September 2022 - 19:47 WIB

WNA Asal Iran berujung di Ektaradisi. Kedua Pihak Berakhir berdamaian

21 September 2022 - 11:17 WIB

Kapolres Pessel AKBP Novianto Taryono: BBM di Polsek Lengayang untuk Operasional Kendaraan

19 September 2022 - 21:57 WIB

Trending di Pesisir Selatan