Jembatan Rusak Menuju SMP 02 Sembilan Koto Ancam Nyawa Pelajar, Ini Harapan Wali Nagari ke Dinas PUPR

Kondisi jembatan Batang Lago Duo yang rusak di Nagari Banai menuju SMP 02 Sembilan Koto. (Foto Mitra Yuyanti)

Dharmasraya | Topsumbar – Wali Nagari Banai Randi Elwarman Rajo Mudo mengeluhkan kondisi jembatan Batang Lago Duo menuju SMP 02 Sembilan Koto yang tak kunjung diperbaiki Dinas PUPR Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Kekecewaan Wali Nagari Banai Randi Elwarman Rajo Mudo tentu ada alasan, dirinya mengaku sudah berulangkali dijanjikan perbaikan jembatan tersebut oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat setempat.

Kepada Topsumbar, Randi Elwarman Rajo Mudo mengungkapkan bahwa dirinya sangat berharap jembatan sebagai satu-satunya akses bagi anak-anak Nagari Banai menuju Sekolah Menengah Pertama untuk menuntut ilmu segera diperbaiki pemerintah melalui dinas terkait.

Bacaan Lainnya

“Saya sudah sering menghubungi Dinas PUPR, Bidang Bina Marga meminta supaya jembatan sebagai satu-satunya akses bagi anak-anak untuk menuju sekolahnya, yakni SMP 02 Sembilan Koto untuk segera diperbaiki, namun sampai saat ini belum ada sama sekali perbaikan,” ucap Wali Nagari Banai menyatakan kekecewaannya, Minggu (23/04/2022).

Selain menjadi satu-satunya akses menuju ke SMP 02 Sembilan Koto, jembatan tersebut juga penghubung menuju empat Jorong di Kenagarian Banai. “Selain menuju ke SMP 02 Sembilan Koto jembatan tersebut juga akses menuju empat Jorong di Nagari Banai ini yaitu Jorong Banai, Mudik Banai, Mudik Lago, dan Jorong Lubuk Telak,” sambungnya.

Dirinya mengaku sering melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Dinas PUPR Bidang Bina Marga menanyakan perbaikan jembatan tersebut.

“Kabid Bina Marga Andar Atmaja mengatakan akan secepatnya melakukan perbaikan jembatan tersebut, bahkan dirinya menyatakan kayu untuk perbaikan jembatan sudah ada, tinggal pemasangan, kata Andar waktu itu. Namun sampai saat ini belum juga ada pengerjaan perbaikan di jembatan di lokasi,” ungkap Randi.

“Kita berharap perbaikan jembatan cepat dilakukan oleh dinas terkait, karena sudah ada pelajar yang terjatuh saat berangkat ke sekolah, jangan sampai terulang kejadian yang sama untuk kedua kalinya. Saat ini supaya tetap bisa dilewati oleh warga untuk beraktivitas sehari-hari, bagian jembatan yang sudah rusak kami tutupi dengan helaian papan, namun terkesan masih berisiko saat musim hujan begini karena helai papan tidak di paku,” imbuhnya.

Sebelumnya, diberitakan Topsumbar.co.id bahwa bakal ada pembangunan jalan dan jembatan di Dharmasraya yang akan direalisasikan melalui DAK. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Bidang Bina Marga kembali akan melakukan pembangunan infrastruktur melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2022.

Untuk kawasan Kecamatan Sembilan Koto, kegiatan untuk anggaran tahun 2022 berupa perawatan rutin jembatan dan perawatan rumija (rambahan semak jalan).

(Yanti)

Pos terkait