BPBD Kabupaten Dharmasraya Berikan Imbauan Kewaspadaan Kebakaran Hutan

Dharmasraya | Topsumbar – Berdasarkan data dari BMKG Sumbar, Kabupaten Dharmasraya berpotensi tingkat tinggi kemudahan kebakaran hutan atau lahan ditinjau dari analisa Parameter Cuaca di wilayah Sumatera Barat pada 27-29 Maret 2022.

Berikut rincian nya;

1. Di lapisan atas permukaan tanah yakni wilayah dalam kategori mudah hingga sangat mudah terbakar meliputi Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan, dan Limo Puluh Koto.

Bacaan Lainnya

2. Di lapisan menengah permukaan tanah wilayah yang termasuk dalam kategori mudah terbakar meliputi wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Pesisir Selatan, Lima Puluh Koto, Sijunjung, Dharmasraya, dan Solok Selatan.

Menanggapi data dari BMKG Sumbar, Eldison selaku Kalaksa BPBD Dharmasraya langsung memberikan imbauan kewaspadaan pada Tim Reaksi Cepat Bencana.

“Benar saat ini berdasarkan informasi dari BMKG Sumbar Kabupaten Dharmasraya termasuk dalam kategori berpotensi tinggi kekeringan dan kebakaran hutan,” ungkap nya saat dikonfirmasi Topsumbar Melalui via telepon, Minggu (27/03/2022).

Berdasarkan informasi dari BMKG Sumbar 27-29 Maret 2022 Kabupaten Dharmasraya termasuk dalam kategori berpotensi tinggi kekeringan dan kebakaran hutan.

“Jadi kami dari BPBD Dharmasraya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan stekholder yang terkait untuk meningkatkan kewaspadaan dari sekarang,” terang Eldison.

Dirinya menambahkan, meskipun berpotensi tinggi kekeringan, sangat mudah menimbulkan kebakaran hutan kita berharap Kabupaten Dharmasraya ini tidak sampai terjadi hal-hal demikian yang tidak kita inginkan.

“Mari bersama saling menjaga sehingga kita bisa terhindar dari musibah apapun,” imbuh Eldison.

(Yanti)

Pos terkait