Lagi Tanpa Peringatan Dini, Banjir Kembali Terjang Nagari Sinuruik Talamau

Pasaman Barat | Topsumbar – Tanpa didahului adanya peringatan dini dari institusi berwenang, musibah banjir kembali menerjang permukiman warga Kampung Gadang Aia Napa Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Minggu (13/02) sore sekitar pukul 16.00 WIB waktu setempat.

Dihimpun dari informasi pihak Markas Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, kali ini banjir menggenangi sekitar 100 unit warga dengan jumlah masyarakat terdampak bencana mencapai 300 Kepala Keluarga.

Masih berdasarkan informasi yang disebarluaskan oleh relawan PMI Kabupaten Pasaman Barat, bencana tersebut terpicu oleh kondisi cuaca buruk yang disertai hujan lebat yang terjadi sejak minggu siang hingga sore.

Bacaan Lainnya

Sehingga mengakibatkan meluapnya beberapa anak sungai yang menggenangi rumah dan pemukiman warga di kawasan itu.

Selain permukiman, banjir juga dilaporkan telah menggenangi areal persawahan masyarakat setempat.

Dilaporkan saat ini warga terdampak membutuhkan makanan siap saji, tenda pengungsian, selimut dan fasilitas dapur umum lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh informasi resmi tentang adanya upaya penanganan dan penanggulangan bencana dari pihak terkait lainnya.

Penanganan darurat kebencanaan masih dilakukan oleh pihak pemerintah terdepan dibantu petugas TNI/Polri dan sejumlah relawan PMI setempat.

(Rully Firmansyah)

Pos terkait