Intensitas Hujan Tinggi, Pemerintah Imbau Masyarakat Dharmasraya Waspada Banjir

Dharmasraya | Topsumbar – Berdasarkan Update Peringatan dini cuaca Sumatera Barat, Sabtu 05 Januari 2022 telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, diperkirakan hujan sedang hingga lebat tersebut mengakibatkan kilat, petir serta angin kencang yang mengguyur sejumlah titik wilayah di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Di Dharmasraya, ada sejumlah titik wilayah yang harus meningkatkan kewaspadaan akibat intersitas hujan tingga yang bisa mengakibatkan bencana banjir.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Topsumbar dari Kalaksa BPBD Dharmasraya, Eldison mengatakan bahwa perkiraan cuaca hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir serta angin kencang akan terjadi di sejumlah nagari.

Bacaan Lainnya

“Benar dari update peringatan dini cuaca Sumatera Barat, Sabtu 05 Januari 2022 telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, diperkirakan hujan sedang hingga lebat tersebut menimbulkan kilat petir serta angin kencang,” ucap Eldison pada Topsumbar melalui via telepon.

Dirinya menambahkan, untuk itu Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat mengimbau kepada seluruh masyarakat Dharmasraya untuk meningkatkan waspada banjir sejak dini.

Menurut Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Dharmasraya ada beberapa titik rawan banjir yang menjadi langganan tiap musim hujan, apalagi hujan saat ini sering mengguyur ketika sore dan malam hari.

“Kami dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah menyebarkan informasi kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi akibat hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir serta angin kencang tersebut,” imbaunya.

Dari update perkiraan hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir serta angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Sitiung dan Kecamatan Timpeh.

Sebelumnya, tingginya curah hujan telah mengakibatkan musibah banjir pada beberapa titik wilayah di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Musibah banjir tersebut diperkirakan berdampak pada ratusan warga dan mengalami kerugian, (13/12/2021).

Kalaksa BPBD Dharmasraya Eldison menyampaikan langsung dari lokasi banjir, karena curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan genangan air di beberapa titik di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

“Saat ini Dharmasraya memang digenangi banjir di beberapa Nagari, diketahui ada beberapa titik seperti di SP 3, Abai Siat, Bonjol, Sipangkur, Sopan Jaya, Nagari Timpeh dan Nagari Pulau Punjung.” ungkap Kalaksa BPBD Dharmasraya.

(Yanti)

Pos terkait