Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 20 Jan 2022 18:56 WIB ·

Dandrem 032 Wirabraja Puji Manisnya Melon Petani Dharmasraya


 Dandrem 032 Wirabraja Puji Manisnya Melon Petani Dharmasraya Perbesar

Dharmasraya | Topsumbar — Dandrem 032 Wirabraja, Brigadir Jendral (Brigjen) TNI Purmanto melakukan kunjungan pertama kali ke Kabupaten Dharmasraya dalam rangka meninjau lokasi pembangunan Kodim Dharmasraya di Nagari Koto Padang Kecamatan Koto Padang, Rabu (19/01/2022).

Dandrem bersama Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan beserta rombongan melakukan peninjauan ke tempat perkebunan salah satu Kelompok Tani melon dan semangka di Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung.

Pada kesempatan itu, Dandrem 032 Wirabraja mengungkapkan bahwa ia mendukung penuh program pemerintah dalam memberikan penyuluhan, serta alat mesin pertanian modern kepada petani Dharmasraya yang membutuhkan.

“Saya mendukung penuh program pemerintah dalam memberikan penyuluhan kepada petani yang ada. Sehingga para petani dapat terarah dalam bertani,” ungkap Jenderal Bintang Satu ini.

Dandrem 032 Wirabraja juga terlihat kagum saat melihat langsung, subur dan hijaunya melon yang tumbuh di puluhan hektar di lahan pertanian tersebut. Dan berharap agar para petani dapat menghasilkan hasil pertaniannya yang banyak, sehingga perekonomiannya dapat terus meningkat.

Salah seorang petani melon, Jaja mengungkapkan bahwa saat ini ia belum mendapatkan kendala yang berat untuk bertanam melon dan semangka. Masa tanam melon berjangka 53 hari, dengan hasil melon non biji dan rasa yang super manis. Sedangkan bobot melon yang dipanen dapat mencapai diatas 10 kilogram.

“Harga pasaran melon paling bawah Rp7500, jumlah batang perhektar mencapai enam ribuan. Dikalkulasikan hasilnya mencapai 450 ton pertiga bulan. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan bagi kami para petani melon,” beber Jaja dihadapan Dandrem dan Bupati.

Pada kesempatan itu, Brigjen TNI Purmanto beserta istri diberi kesempatan untuk memanen langsung buah melon, dan mencicipi buah segar yang ia petik. Dandrem pun mengatakan bahwa buah melon yang dipetiknya terasa sangat manis sekali, beda dari melon melon yang biasa beliau makan.

“Saya suka melon, tapi yang ini kok bisa lebih manis dari yang biasa ya. Rasanya super manis dan beda rasanya dengan melon melon yang saya makan,” ungkap Jendral sambil memotong dadu melon untuk dibagikan kepada Bupati dan lainnya.

Hadir juga saat itu Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Sekda, H. Adlisman, Asisten, Kapolres Dharmasraya, Kodim 0310 SSD, Koramil Pulau Punjung, Kadis Pertanian, Kadiskominfo, Wali Nagari Gunung Medan, dan lainnya.

Dandrem pun menyampaikan rasa salutnya kepada Kadis Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman, karena telah melakukan program pemerintah dibidang pertanian dengan sangat baik. Beliau pun sempat menanyakan program strategis yang sudah dilakukan Pemkab Dharmasraya kepada para petani di Dharmasraya.

Kepala Dinas Pertanian Dharmasraya, Darisman, S. Si. MM dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa sejak dulu sudah dilakukan program reflanting bagi petani sawit.

“Alhamdulillah Kabupaten Dharmasraya sudah menjadi guru reflanting khusunya di Sumbar, Riau, dan Jambi. Kemudian sudah banyak juga petani lain yang ada di Kabupaten Dharmasraya, seperti petani jengkol, dan petani-petani lainnya,” pungkas Darisman.

(Yanti)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Hadiri Acara Pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru PMII Ke-II Universitas Dharmas Indonesia

25 September 2022 - 21:51 WIB

Hendak Mengisi BBM di SPBU Seorang Wanita Berbonceng Dua Anak Kecil Tertabrak Kenderaan Truck Box Di Sungai Rumbai

25 September 2022 - 17:41 WIB

Nekad Ambil Jalur Lawan Dump Truck Tronton Hino Tabrak Pesepeda Motor Di Gunung Medan

25 September 2022 - 17:34 WIB

Dua Nama Maju di Pilwana Sungai Kambut, Asrial Amri Siap Menangkan Suara Terbanyak

24 September 2022 - 09:46 WIB

Wujud Kepedulian Polri, Polres Dharmasraya Giat Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat Ekonomi Rendah

23 September 2022 - 15:48 WIB

Menanggapi Masalah Tenaga Non ASN, Apkasi Dan Kemenpan-RB Kembali Urun Rembuk

21 September 2022 - 09:49 WIB

Trending di Dharmasraya