Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 25 Nov 2021 13:54 WIB ·

Keluarga Penerima Manfaat KKS Terima Bantuan Sembako di Sikabau, Warga Tak Diberi Pilihan


 Keluarga Penerima Manfaat KKS Terima Bantuan Sembako di Sikabau, Warga Tak Diberi Pilihan Perbesar

Masyarakat kurang mampu yang termasuk dalam program Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Dinas Sosial bekerjasama dengan pihak Bank Mandiri tidak diberi hak untuk bisa memilih sembako sesuai kebutuhan warga di E-Warung yang ditunjuk.

Dari pantauan Topsumbar.co.id di lokasi penukaran KKS, yakni E-Warung di Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya dijumpai warga penerima manfaat berupa sembako tidak bisa menentukan sendiri sembako yang akan diambil, melainkan ditentukan oleh pemilik E-Warung.

Seorang warga Jorong Tabek Pamatang Nagari Sikabau, Frans pemegang KKS mengatakan dirinya beserta penerima lainnya sudah dijatahi empat jenis sembako oleh E-Warung yang ditunjuk pihak Bank Mandiri, sehingga tidak bisa memilih atau membeli bahan lainnya untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Saya menerima sembako berupa beras 30 kilogram, telor 90 butir, kacang hijau 1/2 kilo, dan ayam potong satu ekor, dengan total 600 ribu rupiah,” ungkap Frans, Selasa (22/11/2021).

Sementara pemilik E-Warung Silago Groub, Sesmita saat dikonfirmasi di ruko miliknya mengatakan beras yang dibagikan ke penerima KKS didatangkan dari Batu Sangkar dan Silago.

“Beras yang kami berikan ke peserta KKS didatangkan dari Kabupaten Batu Sangkar, dan untuk harga sembako kita sesuaikan dengan harga jual pasar. Untuk sembako yang diterima warga penerima manfaat hari ini yakni berupa beras, telor, kacang hijau, ayam satu ekor,” kata Sesmita.

Dikutip dari situs website Bantuan Sosial Pangan Sembako, yakni pada tahun 2020 dalam rangka mewujudkan penguatan perlindungan sosial dan meningkatkan efektifitas program bantuan sosial pangan, maka program BPNT dikembangkan menjadi program sembako.

Dengan program sembako, indeks bantuan ditingkatkan dan jenis komoditas yang dapat dibeli diperluas sehingga tidak hanya berupa beras dan telur seperti pada program BPNT. Hal ini sebagai upaya dari pemerintah untuk memberikan akses KPM terhadap bahan pokok dengan kandungan gizi lainnya.

Tujuan program sembako adalah mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM, meningkatkan ketepatan sasaran, waktu, jumlah, harga, kualitas, dan administrasi, serta memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

(Yanti)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Meriahkan HUT RI Ke-77, Pemkab Dharmasraya Gelar Jalan Santai dan Beragam Acara serta Doorprize

9 Agustus 2022 - 18:19 WIB

Dharmasraya Tekad Raih Predikat Kabupaten Informatif (KI) Sumbar 2022

9 Agustus 2022 - 17:01 WIB

Line Dance Hadir di Dharmasraya, Dapat Mencegah Kepikunan dan Mempertajam Daya Ingat

8 Agustus 2022 - 19:04 WIB

Disdik Dharmasraya Gelar Lomba Solo Song dan Puisi, Sambut HUT RI ke 77

8 Agustus 2022 - 16:12 WIB

Tiga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Diringkus Satresnarkoba Polres Dharmasraya

7 Agustus 2022 - 16:18 WIB

Kapolres Dharmasraya Bagikan 1000 Bendera Merah Putih Gelorakan HUT RI ke-77

6 Agustus 2022 - 07:10 WIB

Trending di Dharmasraya