Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 12 Jun 2021 13:06 WIB ·

Inovatif, Ada Gebyar Vaksinasi COVID-19 Lansia di Dharmasraya


 Foto : Kegiatan Gebyar Vaksinasi COVID-19 Lansia yang Dipusatkan di Jorong Pinang Makmur Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, Sabtu (12/06/2021) Perbesar

Foto : Kegiatan Gebyar Vaksinasi COVID-19 Lansia yang Dipusatkan di Jorong Pinang Makmur Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, Sabtu (12/06/2021)

Sebagai bentuk inovasi percepatan pelaksanaan program nasional vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menggelar kegiatan Gebyar Vaksinasi COVID-19 Lansia guna menyasar target objek vaksinasi dari kelompok lanjut usia di daerah itu.

Yang terbaru, kegiatan yang dikolaborasikan dengan kegiatan Germas itu dipusatkan di Jorong Pinang Makmur Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, Sabtu (12/06/2021).

Kepala Puskesmas Timpeh, di Tabek, Yulisna, di Timpeh, mengatakan pada kegiatan itu pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya menargetkan jumlah lansia yang divaksin mencapai 80 orang.

“Berdasarkan pendataan kami, jumlah kelompok lansia di wilayah tugas Puskesmas Timpeh saat ini berjumlah 215 orang dan yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 baru 15 orang, ” Ungkapnya.

Diharapkan, lanjutnya, melalui kegiatan tersebut pihaknya dapat meningkatkan realisasi target nasional yang dibebankan untuk wilayah pelayanan Puskesmas setempat.

Ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut selain pelaksanaan giat vaksinasi pihaknya juga menyelenggarakan senam lansia untuk memberikan semangat serta menjaga kebugaran kelompok lanjut usia tersebut.

Selain itu, ulasnya, pihaknya juga melakukan langkah-langkah edukasi seputar vaksin untuk memberikan informasi yang benar guna melawan kabar bohong yang sudah terlanjur beredar ditengah masyarakat tentang efek samping vaksin dan lain sebagainya.

“Pada kegiatan ini bisa dikatakan para peserta vaksin antusias dan bergembira karena ternyata apa yang dikabarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab adalah tidak benar,” tegasnya.

Karena, lanjutnya, Kelompok Lansia Timpeh adalah komunitas yang dikenal sangat aktif dan sering menjadi objek studi banding untuk tingkat Sumatera Barat.

“Jangan sampai di masa pandemi COVID-19 ini semangat mereka melemah dan tidak bisa menikmati hari tuanya dengan tenang,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Tabek, Syafrial selaku tuan rumah, mengaku sangat menyambut baik program Gebyar Vaksin COVID-19 yang dilaksanakan itu.

“Ada sisi positif jika dikemas seperti ini sehingga masyarakat tidak ragu-ragu lagi dan jika terlaksana baik maka hidup di tengah pandemi bukan lagi sebuah momok yang menakutkan bagi masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolsek Sitiung, Iptu Haryoto, pada kesempatan itu mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama menangkal informasi palsu terkait COVID-19.

“Yang harus dilakukan adalah tetap mengikuti aturan dan regulasi yang ditetapkan pemerintah terkait COVID-19 dan gangguan Kamtibmas diantaranya tidak melakukan kegiatan berkumpul dengan banyak orang tanpa menjaga jarak dan atau bisa menimbulkan potensi gangguan keamanan lainnya,” tutupnya.

Kegiatan tersebut berlangsung tertib dan lancar dengan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat.

Selain kegiatan senam lansia, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan sesi berswafoto bagi lansia yang sudah menjalani vaksinasi sebagai bentuk kampanye melawan informasi bohong tentang COVID-19.

(Yanti)

 

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Meriahkan HUT RI Ke-77, Pemkab Dharmasraya Gelar Jalan Santai dan Beragam Acara serta Doorprize

9 Agustus 2022 - 18:19 WIB

Dharmasraya Tekad Raih Predikat Kabupaten Informatif (KI) Sumbar 2022

9 Agustus 2022 - 17:01 WIB

Line Dance Hadir di Dharmasraya, Dapat Mencegah Kepikunan dan Mempertajam Daya Ingat

8 Agustus 2022 - 19:04 WIB

Disdik Dharmasraya Gelar Lomba Solo Song dan Puisi, Sambut HUT RI ke 77

8 Agustus 2022 - 16:12 WIB

Tiga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Diringkus Satresnarkoba Polres Dharmasraya

7 Agustus 2022 - 16:18 WIB

Kapolres Dharmasraya Bagikan 1000 Bendera Merah Putih Gelorakan HUT RI ke-77

6 Agustus 2022 - 07:10 WIB

Trending di Dharmasraya