Wawako Harapkan DPC Masata yang Baru Lebih Giat Kenalkan Pariwisata Kota Solok

Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, menghadiri pengukuhan kepengurusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kota Solok Periode 2021-2025, yang bertempat di Aula Hotel Taufina, Rabu (28/4/2021).

Hadir pada kesempatan ini Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Solok, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang dan Ketua KAN Kota Solok, DPD Masata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam sambutannya, Wawako Solok mengatakan atas nama Pemko Solok mengucapkan selamat, atas dilantiknya Ketua dan Pengurus DPC Masata Kota Solok, periode 2021-2025. Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru ini, DPC Masata Kota Solok akan lebih giat lagi dalam mengenalkan pariwisata Kota Solok pada seluruh lapisan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, yang dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup serta kepentingan nasional,” kata Ramadhani Kirana Putra.

Saat ini, dilanjutkan Ramadhani Kirana Putra, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis di negara manapun. Karena jenis pariwisata yang berkembang saat ini adalah pariwisata berbasis masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sebelumnya Kadis Pariwisata Kota Solok Elvy Basri dalam laporannya mengatakan bahwa, konsep pariwisata yang mengutamakan peran masyarakat, dalam pembangunan pariwisata adalah pariwisata berbasis masyarakat.

“Prinsip dasar pariwisata berbasis masyarakat adalah, menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama melalui pemberdayaan masyarakat dalam berbagai kegiatan bermakna, sehingga masyarakat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari pariwisata,” sebut Elvy Basri. (Syafri)

Pos terkait