Bupati Solok Bersama Danrem 032 Wirabraja Hadiri Acara Panen Raya di Guguak Sarai

Bupati Solok menghadiri pembukaan panen raya bersama Danrem 032 Wirabraja beserta rombongan di Nagari Guguak Sarai, pada hari Kamis, 23 Juli 2020, yang bertempat di Jorong Guguak Padusi, Nagari Guguak Sarai Kecamatan IX Sungai Lasi Kabupaten Solok.

Pada acara pembukaan panen raya yang digelar oleh Danrem 032 tersebut dihadiri langsung oleh Danrem 032 Wirabraja Arief Gajah Mada, SE, MM dan Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM serta Dandim 0309, kemudian turut hadir juga Kapolres Solok Kota dan Kadis Pertanian Si Is, So serta Kabag Humas Syofiar Syam, S. Sos, M. Si, kemudian nampak juga hadir Camat IX Sungai Lasi Afridon, Wali Nagari Guguak Sarai dan BPN Guguak Sarai beserta para tamu undangan lainnya dan masyarakat setempat.

Komandan Korem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, MM, bersama Bupati Solok  H. Gusmal, SE, MM menghadiri langsung Panen Raya Padi ir 42, yang digelar oleh Kodim 0309/Solok, yang bekerja sama dengan pemerintah nagari Guguak Sarai dalam rangka menjaga Ketahanan Pangan Nusantara di Nagari Guguak Sarai, Kec. IX Koto Sei Lasi.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Solok serta Kodim 0309 Solok beserta seluruh jajaran yang telah bersama-sama ikut mendukung dan menyukseskan terselenggaranya kegiatan panen raya ini.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI kepada rakyat, serta untuk mensukseskan swasembada pangan yang ada di wilayah Sumatera Barat, Kabupaten Solok khususnya,” jelas Arief Gajah Mada.

“Maka dari itu diharapkan kegiatan seperti ini dapat menjadi sumber motivasi bagi masyarakat lainnya, agar lebih giat lagi dan ikut berpartisipasi dalam membantu pemerintah menjalankan program ketahanan pangan nasional yang sedang digalakkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” harap Brigjen TNI Arief Gajah Mada menutup perkataannya.

Senada dengan itu, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada yang telah menyempatkan diri untuk hadir di nagari Guguak Sarai dalam rangka Panen Raya.

Kemudian Bupati juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan panen raya yang digelar oleh Kodim 0309 Solok beserta jajaran, karena Kodim 0309 sangat peduli dengan rakyat dan terhadap ketahanan pangan di daerah Kabupaten Solok.

Selain itu, dengan adanya sinergitas yang terjalin antara TNI dengan pemerintah serta masyarakat, maka dari itu, mari kita bersama-bersama melakukan perubahan yang berarti bagi masyarakat, guna untuk memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten Solok, dengan tujuan, agar hasil panen terus meningkat tiap harinya.

“Kenapa dikatakan demikian, karena Kabupaten Solok merupakan daerah penghasil beras berkualitas baik di Sumatera Barat, untuk itu melalui kegiatan panen raya ini, dengan hasil panen yang didapat pada hari ini menambah motivasi bagi petani untuk lebih meningkatkan produksi panennya pada musim tanam dan panen keberikutnya,” tutup H. Gusmal.

Kemudian, Dandim 0309 juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem 032 Wirabraja dan pemerintah Kabupaten Solok yang telah ikut berpartisipasi dalam rangka panen raya bersama Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, MM.

Selanjutnya, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada wali nagari se-Kec. IX Koto Sei Lasi serta seluruh masyarakat Guguak Sarai yang telah ikut juga berpartisipasi dalam rangka panen raya ini, guna untuk ketahan pangan nasional 2020.

Terakhir, Dandim 0309 menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Panen Raya Ketahanan Pangan Nusantara 2020 ini sudah disiapkan dengan baik, sesuai arahan dari Korem 032/Wirabraja.

Wali Nagari Guguek Sarai pada kesempatan tersebut, juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Danrem 032 Wirabraja yang telah mengunjungi nagari Guguak Sarai, karena, sudah hampir 20 tahun nagari kami tidak dikunjungi oleh TNI Bintang Satu.

Kemudian, wali nagari juga menjelaskan bahwa lokasi Panen Raya Ketahanan Pangan Nusantara 2020 ini memiliki luas 35 hektar dengan tanaman utama berupa padi dan untuk satu hektar lahan pertanian ini menghasilkan 6,5 ton gabah kering.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Danrem 032 Wirabraja berupa pupuk urea, NPK dan sembako sebanyak 100 paket, yang diserahkan kepada kelompok tani Limutu Nagari Guguak Sarai.

Penyerahan 100 paket sembako tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM kepada perwakilan masyarakat Guguak Sarai.

Kemudian, untuk penyerahan sembako ke dua oleh Ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcab REM 032 Wirabraja yang juga diserahkan kepada perwakilan penerima bantuan.

(Andar MK)

Pos terkait